Lampu Kuning! Corona 'Menggila', Ketimpangan Menganga

News - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
09 April 2021 16:35
Kasus Covid-19 naik, Prancis kembali lockdown. (AP/Francois Mori)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi Covid-19 yang belum juga usai masih menjadi risiko terbesar bagi perekonomian global. Kendati kampanye vaksinasi massal terus berjalan, prospek pemulihan ekonomi masih penuh ketidakpastian dan cenderung patchy.

Angka kasus infeksi kumulatif Covid-19 secara global sudah tembus 133 juta orang. Jika total populasi manusia di muka bumi ada 7,8 miliar maka rasio infeksinya sudah mencapai 1,7%. Wabah yang diakibatkan oleh virus Corona jenis baru ini telah merenggut nyawa 2,9 juta jiwa.

Sejak minggu kedua bulan Maret kasus infeksi harian Covid-19 di dunia cenderung meningkat. Rata-rata kasus infeksi harian tercatat meningkat 25% dalam kurun waktu sebulan terakhir.


Paman Sam dan Negeri Bolliwood kini menjadi hotspot. Kasus infeksi di kedua negara tersebut mengalami kenaikan yang signifikan. Beberapa negara lain di Eropa juga mengalami kenaikan kasus infeksi.

Namun secara umum respon setiap negara berbeda-beda. Ada yang memilih untuk kembali mengetatkan lockdown. Namun ada juga yang menempuh jalur lain yaitu meningkatkan social distancing hingga ada juga yang melonggarkannya.

Prancis memasuki lockdown nasional ketiganya pada 3 April. Kebijakan yang diambil Prancis kali ini mencakup pemberlakuan jam malam harian dan penduduk dilarang melakukan perjalanan lebih dari enam mil dari rumah tanpa sertifikat pengecualian.

Inggris telah mengumumkan bahwa Bangladesh, Kenya, Pakistan, dan Filipina akan ditambahkan ke daftar larangan perjalanannya, karena meningkatnya kasus Covid-19. Berbeda dengan Prancis, Negeri Ratu Elizabeth telah mulai melonggarkan pembatasan.

Di Singapura, acara MICE besar hingga 750 orang akan diizinkan untuk dilanjutkan pada 24 April, dengan langkah-langkah mitigasi risiko di tempat dan persetujuan dari Dewan Pariwisata Singapura.

Hong Kong membuka kembali kolam renang dan pantai, dan meningkatkan batas kapasitas untuk bioskop dan tempat pertunjukan pada 1 April. Namun, jaga jarak sosial akan tetap berlaku hingga setidaknya pertengahan April dan pertemuan tetap dibatasi untuk empat orang.

Jerman telah memperpanjang pengunciannya hingga pertengahan April dan sekarang mengharuskan siapa pun yang memasuki negara itu dengan pesawat untuk menunjukkan bukti hasil tes Covid-19 negatif yang diambil dalam waktu 48 jam perjalanan.

Separuh dari Italia juga telah dikunci hingga 6 April. Portugal telah mulai mencabut pembatasan Covid-19, dan acara langsung di luar ruangan diperkirakan akan dilanjutkan dengan kapasitas terbatas.

Di Amerika Utara, Meksiko dan Kanada telah memperpanjang penutupan perbatasan darat mereka dengan Amerika Serikat hingga setidaknya 21 April. Di Asia, Korea Selatan memilih untuk memperpanjang kebijakan jaga jarak sosial selama tiga minggu lagi.

Perekonomian Global Terancam, Ketimpangan Makin Buruk
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading