Canggih Nian Lexus Baru Ini, Bisa Nyetir Sendiri?

News - Tommy P Sorongan, CNBC Indonesia
08 April 2021 14:02
Lexus LS 500 Ilustrasi Toyota Lexus (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Produsen mobil asal Jepang Toyota pada Kamis (8/4/2021) meluncurkan model untuk merek kendaraan mewahnya Lexus dan Mirai di Jepang. Model baru ini dilengkapi dengan bantuan mengemudi canggih yang lebih aman.

Dilansir Reuters, teknologi bantuan mengemudi baru atau Advanced Drive adalah sistem otonom level 2 yang membantu pengemudi dengan kondisi mengemudi seperti menjaga mobil tetap di jalurnya, menjaga jarak dari kendaraan lain, berpindah jalur di jalan tol, atau jalan khusus kendaraan bermotor lainnya.

"Ini benar-benar langkah pertama yang penting dalam perjalanan kami menuju pengembangan yang mengutamakan perangkat lunak," kata eksekutif Toyota James Kuffner, yang juga kepala unit penelitian Toyota Woven Planet, dalam paparan secara daring.


Teknologi ini akan disematkan pada sedan mewah Lexus LS, yang akan mulai dijual pada Kamis dengan bandrol harga JPY 16,3 juta (Rp 2,15 miliar) hingga JPY 17,9 juta (Rp 2,37 miliar). Sedangkan mobil sel bahan bakar hidrogen Mirai generasi kedua akan ditawarkan pada 12 April nanti dengan harga antara JPY 8,4 juta (Rp 1,1 miliar) hingga JPY 8,6 juta (Rp 1,13 miliar).

Model baru ini juga akan dilengkapi dengan sistem bantuan parkir canggih yang memungkinkan pengemudi untuk parkir dengan aman.

Sebelumnya beberapa produsen Jepang lainnya sudah melirik fitur mengemudi otonom ini. Bahkan pesaing se negara Toyota, Honda, menyatakan telah siap untuk menjadi produsen otomotif Jepang pertama yang memproduksi mobil otonom level tiga secara massal. Fitur level tiga ini memungkinkan pengemudi untuk membiarkan kendaraan berjalan sendiri tanpa diawaki melewati kemacetan dan kondisi lalu lintas lainnya.


[Gambas:Video CNBC]

(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading