Rumor Xpander Listrik Meluncur, Begini Komentar Mitsubishi

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
06 April 2021 17:35
MITSUBISHI Xpander

Jakarta, CNBC Indonesia - Pabrikan asal Jepang Mitsubishi membuka peluang membuat mobil listrik Xpander di Indonesia dalam beberapa waktu ke depan. Pembicaraannya bahkan sudah di tingkat Pemerintah yakni Menteri Perindustrian dan principal di headquarters Mitsubishi langsung, yakni Mitsubishi Motors Corporation.

"Tren global kendaraan konvensional perlahan-lahan akan shifted ke kendaraan listrik dan ini sudah jadi bahan diskusi di seluruh dunia dan jadi tren global, sehingga MMKSI (Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia) dan MMC berharap kita bisa produksi kendaraan tersebut di Indonesia," kata kata President Director MMKSI Naoya Nakamura dalam MMKSI Annual Media Gathering 2021, Selasa (6/4/21).

Untuk memproduksi kendaraan listrik memang perlu menyiapkan berbagai hal, mulai dari hulu ke hilir. Tidak mudah, namun upaya untuk mengejarnya harus berjalan mulai sejak saat ini. Nakamura mengingatkan bahwa pengembangannya jangan hanya memikirkan keuntungan, namun kebutuhan untuk meningkatkan kualitas udara menjadi lebih baik.


"Terpenting nggak hanya develop industri untuk PHEV (plug-in hybrid electric vehicle) dan battery EV, atau making money menghasilkan trade in aja, tapi mengapa kita harus pertimbangkan hal ini? latar belakang tujuannya ingin memproduksi kendaraan ini karena polusi lingkungan meningkat dan climate change mengancam keberadaan generasi berikutnya," sebutnya.

Akan ada diskusi yang panjang dan memerlukan waktu. Namun, bukan tidak mungkin Mitsubishi secara resmi bakal menjadi produsen yang memproduksi mobil listrik di Indonesia setelah saudara satu negara Toyota sudah lebih dulu dan Hyundai dari Korea Selatan mengambil langkah sama

"Apabila diskusi dilaksanakan beberapa kali dengan Kementerian dan sebagainya yang diperlukan policy dari Pemerintah sehingga policy bisa diimplementasikan industri untuk mempersiapkan apa yang disiapkan untuk kelanjutan proyek kendaraan listrik ini," jelas Nakamura.

Kepastian Mitsubishi untuk benar-benar menanamkan investasinya di mobil listrik di Indonesia sudah menjadi penantian, pasalnya Menteri Perindustrian Agus Gumiwang sempat mengklaim telah membawa oleh-oleh besar setelah kunjungannya ke Jepang beberapa waktu lalu.

"Mitsubishi memberikan komitmen pada kita bahwa akhir 2025 mereka akan menambah investasi Rp 11,2 triliun. Dimana akan terjadi peningkatan kapasitas yang tadinya 220 ribu unit ada peningkatan kapasitas jadi 250 ribu," kata Agus dalam konferensi pers virtual, Rabu (10/3/21).

"Mereka juga akan kembangkan 2 model mobil listrik yaitu hybrid EV dan EV bisa plug in hybrid," sebutnya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading