Gejala Jangka Panjang Covid-19: Rambut Rontok & Gagal Ginjal

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
04 April 2021 10:00
Tenaga kesehatan menggunakan alat pelindung diri (APD) mengambil sampel darah dengan metode swab test di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (30/9/2020). (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Untuk memutus rantai penularan Covid-19, Genomik Solidaritas Indonesia (GSI Lab) membuka laboratorium tes PCR berstandar Biosafety Level (BSL) 2+. 

Laboraturium GSI Lab dirancang untuk memberikan pelayanan tes PCR yang tidak hanya bersekala masif, namun jugamemberikan hasil tes yabg cepat sehinggal hasil tes dapat diakses pada hari yang sama atau setidaknya H+1 (setelah tes).  

Untuk pasien drive thru sehari bisa 500 orang sedangkan SCR 5000 sempel perharinya.  (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebagian penyintas Covid-19 masih mengalami beberapa gejala meski sudah dinyatakan sembuh. Gejala ini tidak hanya dialami oleh penyintas yang punya riwayat penyakit komorbid.

Namun juga banyak dialami pasien berusia muda yang belum pernah terkena penyakit berat sebelumnya.

Dokter spesialis paru dari RS Persahabatan dr Diah Handayani, Sp.P(K) menjelaskan, cara untuk mendeteksi dan menangani risiko long Covid-19 adalah dengan pemeriksaan menyeluruh pada pasien.


"(Pemeriksaan) menyeluruh. Apa yang harus dilakukan? Kita bisa melakukan pemeriksaan darah, rontgen, cek tekanan darah, inflamasi. Itu diperlukan bukan berarti seluruhnya menyelesaikan apa yang dialami," ungkapnya, Minggu, (04/04/2021).

Lebih lanjut dia mengatakan, sampai saat ini belum ada kepastian soal gejala yang akan timbul dari kondisi fisik setiap pasien.

Gejala yang terlapor pun kian beragam. Mulai dari gangguan pernapasan, kardiovaskular, hingga gejala-gejala yang awalnya sempat tak terduga seperti kerontokan rambut.

"Bukan mengada-ada tapi ini sindrom yang menyeluruh. Bisa saja tidak hanya satu, tapi banyak," imbuhnya.

Berikut gejala-gejala berkepanjangan yang dikeluhkan oleh pasien long Covid-19 :

1. Kardiovaskular: Miokardiopati, gangguan ventrikel, emboli
2. Respirasi (Paru): Penurunan fungsi paru, fibrosis
3. Ginjal: Gagal ginjal akut
4. Dermatologi: Ruam kemerahan pada kulit, rambut rontok
5. Neurologi: Disfungsi penciuman, pengecapan, gangguan tidur, penurunan kognitif, gangguan memori
6. Gangguan psikis: Depresi, ansietas (gangguan cemas), gangguan mood


[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading