Pertamina Pastikan Stok BBM Aman, Tak Usah Panic Buying!

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
01 April 2021 10:55
SPBU Pertamina

Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati memastikan insiden kebakaran di tangki RU VI Balongan tidak berdampak pada pasokan bahan bakar kepada masyarakat.

Menurut Nicke, insiden ini tidak berdampak pada kenyamanan masyarakat untuk mendapatkan BBM di SPBU Pertamina. Berdasarkan unggahan di akun Instagram pribadinya @nicke_widyawati, dia mengunjungi Command Center bersama Jurnalis.

Kunjungan tersebut untuk melihat dan memastikan bahwa insiden di tangki RU VI Balongan tidak berdampak pada pasokan BBM di SPBU Pertamina. Di ruang Command Center ini, Pertamina secara 7 x 24 Jam dapat memonitor kondisi stok BBM setiap SPBU di seluruh penjuru tanah air secara real time.


"Mengenai apakah insiden di Kilang Balongan kemarin menyebabkan keterlambatan stok pasokan BBM di masyarakat, dapat kita pastikan bersama bahwa insiden tersebut bukan menjadi kendala berarti bagi kehandalan stok BBM sehingga masyarakat tidak perlu panik dan khawatir," tulis Nicke dalam keterangannya, Kamis (01/04/2021).

Dengan adanya Command Center ini, dipastikan kehandalan stok BBM baik di DKI Jakarta dan Jawa Barat yang mayoritas di suplai oleh Kilang Balongan, juga di seluruh SPBU Pertamina dalam kondisi aman. Bahkan stok BBM yang tersedia melebihi rata-rata stok standar nasional yakni 21 hari.

Selain itu, Pertamina juga menyiapkan skenario alih suplai BBM dari Kilang Cilacap dan Kilang TPPI untuk area Jawa Bagian Barat apabila hal tersebut diperlukan.

"Jadi, masyarakat bisa tetap tenang, tidak perlu melakukan panic buying, dan jangan mudah termakan isu hoax, karena stok dan distribusi BBM saat ini berjalan aman dan lancar, untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri," kata dia.

Sebelumnya, perusahaan juga melakukan upaya offensive fire fighting secara intensif oleh tim Emergency Pertamina, sehingga siang ini pada pukul 14.35 WIB seluruh titik api pada 4 tangki T-301 berhasil dipadamkan.

"Alhamdulillah berkat kerja tim dan dukungan berbagai pihak seluruh titik api telah padam," ungkap Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relations Pertamina, Agus Suprijanto.

Agus menuturkan, sebelumnya, tim emergency telah berhasil memadamkan api di T-301H pada pukul 01.30 WIB dini hari, disusul T-301E pada pukul 06.44 WIB dan Tangki T-301G pada pukul 08.30 WIB

Untuk memastikan kondisi pemadaman di seluruh tanki terdampak, PT Pertamina (Persero) masih terus melakukan pendinginan dan pengawasan hingga seluruh titik dinyatakan aman. Setelah dinyatakan tidak ada potensi api akan muncul kembali, selanjutnya persiapan untuk start up pengoperasian kilang akan mulai dilakukan.


[Gambas:Video CNBC]

(yun/yun)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading