Kebakaran di Kilang Balongan

Catat! Nicke Tegaskan yang Terbakar Tangki, Bukan Kilang

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
29 March 2021 11:27
Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati dalam acara Outlook Perekonomian Indonesia 2021. (Tangkapan Layar Youtube PerekonomianRI)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Pertamina (Persero) memastikan stok bahan bakar minyak (BBM) nasional tetap aman meskipun ada kebakaran tangki di Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat, dini hari tadi.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menegaskan, yang terbakar pada dini hari tadi bukanlah kilang, melainkan salah satu tempat penyimpanan atau tangki di area kilang tersebut. Untuk fasilitas produksi dan jetty dia menegaskan dalam kondisi yang aman dan tidak terdampak api.

"Fokus kami adalah fokus ke penanganan insiden, jadi bagaimana harus busa memadamkan api. Api sudah kami pastikan tidak menjalar dan langkah kedua memadamkan api," kata Nicke dalam konferensi pers, Senin (29/3/2021).

Jika kondisi ini sudah selesai dan kilang dapat dioperasikan kembali. Untuk tempat penyimpanan, selain yang terbakar, masih ada ada tangki lain dengan kapasitas yang sama.



"Jadi sebetulnya tidak ada kendala signifikan untuk untuk suplai BBM yang diproduksi kilang Balongan," tegasnya.

Nicke mengatakan setelah terjadi insiden kebakaran di salah satu tangki tersebut dilakukan normal shutdown pada kilang tersebut dan dilakukan pengendalian arus minyak dan perluasan pencegahan kebakaran. Saat ini, penyebabnya masih belum diketahui secara pasti, dan masih dalam proses investigasi.

Dia mengatakan fokus utama Pertamina saat ini adalah menyelesaikan kondisi darurat di lapangan. Masyarakat pun diminta untuk menjauhi lokasi kebakaran, dan dilakukan pemblokiran jalan untuk sementara waktu.

"Kondisi terkini api sudah bisa di lokalisir di sana, kami menggunakan foam di pusat api sehingga api tidak akan menjalar ke darerah lain. Untuk mencegah api ke darah lain kami melakukan pendinginanan. Ada 10 mobil damkar yang dioperasikan," katanya.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Insiden Kebakaran Kilang Balongan, Bos Pertamina Mohon Maaf


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading