Jokowi: Hampir 3 Tahun RI Tidak Impor Beras

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
26 March 2021 19:43
Jokowi

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan hingga Juni 2021 tidak akan ada impor besar yang masuk ke Indonesia. Ia pun menyebut Indonesia sudah hampir tiga tahun ini tidak impor beras.

"Kita tahu sudah hampir tiga tahun ini kita tidak mengimpor besar dan saya tegaskan memang ada MOU dengan Thailand dan Vietnam, itu hanya untuk berjaga-jaga," ujarnya seperti dikutip dari Kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (26/3/2021).

Informasi saja, belakangan ramai dibicarakan soal rencana impor beras di Indonesia. Alasannya penyediaan stok pemerintah dalam stabilitas harga dalam menghadapi Bulan Ramadhan dan Idul Fitri.


Adapun orang yang mengaku bertanggungjawab soal kebijakan tersebut adalah Menteri Perdagangan M. Lutfi. Mendag ragu dengan cadangan beras pemerintah di gudang Bulog dan menilai stok yang ada saat ini merupakan yang terendah sepanjang sejarah, yakni kurang dari 500 ribu ton.

"Belum apa-apa kita sudah menyatakan impor, apalagi yang mendasar yaitu beras. Apalagi ini masa panen. Yang ngomong soal impor kan bukan saya karena saya bukan pengambil kebijakan, bukan pengambil keputusan," ujar Direktur Utama Bulog Budi Waseso dalam webinar Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) bertajuk Impor Beras dan Garam, Adu Nasib Petani vs Pemburu Rente, Kamis (25/3/2021).


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading