Jokowi Resmikan Mata Air 'Raksasa', 1,3 Juta Orang Bisa Hidup

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
22 March 2021 14:20
Jokowi di Peresmian Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, Kabupaten Pasuruan, 22 Maret 2021. (Youtube/Setpress)

Jakarta, CNBC Indonesia - Proyek air minum regional Umbulan di Pasuruan Jawa Timur akhirnya selesai dan diresmikan Presiden Jokowi, Senin (22/3/2021).. Proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) ini diperkirakan mampu menghidupi 1,3 juta orang.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjelaskan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) diperlukan untuk menjawab solusi penyediaan air bersih di wilayah Jawa Timur. Sejalan dengan target RPJMN di 2024 mendatang seluruh warga Indonesia sudah memiliki akses akses air bersih.

Proyek air minum regional Umbulan telah diinisiasi sejak 40 tahun lalu dan dimulai pembangunannya pada 2017 melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan PT. Meta Adhya Tirta Umbulan. Dengan biaya investasi Rp 2,05 triliun dengan besaran dukungan kelayakan dari pemerintah sebesar Rp 818 miliar.


"SPAM Umbulan ini prediksi maksimal 4.000 liter per detik, dan bisa memberi supply terhadap 1,3 juta warga di daerah yang dialiri, yaitu kabupaten Pasuruan, Sidoarjo, Gresik, juga Surabaya. Dengan 260 sambungan rumah tangga ini memberi kehidupan masyarakat untuk mengonsumsi air bersih," jelas Khofifah dalam peresmian, Senin (22/3/2021).

Khofifah mengatakan targetnya 2024 mendatang seluruh suplai air bersih bisa diselesaikan di Jawa Timur. Makanya jajarannya juga menyiapkan SPAM di beberapa titik regional lainya. Mulai dari Pantura, Jawa Timur Bagian Tengah juga di Madura.

"Proyek ini mudah mudahan bisa menjadi referensi KPBU bisa menjadi jawaban akan percepatan di sektor air," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading