Apa Sudah Divaksin 2 Dosis, Boleh Nggak Pakai Masker Lagi?

News - M Iqbal, CNBC Indonesia
15 March 2021 09:36
Warga lansia memeriksa kesehatan sebelum menerima vaksinasi Covi-19 di Sentra Vaksinasi Bersama COVID-19 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (10/3/2021). Kementerian BUMN menggelar Sentra Vaksinasi Bersama COVID-19 bagi lansia untuk mendorong percepatan program vaksinasi nasional demi mencapai target satu juta vaksin per bulan. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak masyarakat yang bertanya perihal keampuhan vaksin Covid-19. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) merilis pedoman sementara untuk mereka yang telah divaksinasi COVID-19 secara penuh.

CDC baru-baru ini merilis seperangkat panduan baru tentang apa yang bisa dan belum bisa dilakukan usai vaksinasi.

Menurut CDC, dikutip Senin (15/3/2021), vaksin COVID-19 efektif mencegah penularan dan mengurangi risiko keparahan jika terinfeksi. CDC juga mengungkap mereka yang telah divaksin penuh atau telah menerima dua dosis, bisa melakukan hal-hal yang dulunya tak bisa dilakukan selama pandemi.

Salah satu yang disoroti dalam panduan tersebut adalah mereka yang telah mendapatkan dua dosis vaksin Corona, boleh kumpul-kumpul tanpa masker. Mereka juga boleh bertemu di dalam ruangan tanpa memakai masker atau menjaga jarak secara fisik.

Hal tersebut berlaku jika keduanya sama-sama telah mendapatkan dua dosis vaksin.

Selain itu, mereka yang sudah divaksinasi juga dapat bertemu dengan orang-orang yang tidak divaksinasi dari satu rumah tangga yang berisiko rendah, tanpa memakai masker atau menjaga jarak.

"(Pertemuan seperti itu) berisiko rendah," kata CDC.

Hanya saja, setelah divaksinasi penuh, Anda harus terus mengambil tindakan pencegahan di tempat umum seperti memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari keramaian serta ruang yang tidak berventilasi baik.

Anda tetap harus menunda perjalanan domestik dan internasional. Jika bepergian, Anda masih harus mengikuti persyaratan dan rekomendasi dari otoritas kesehatan setempat.

Meski sudah divaksinasi penuh, tetap harus waspada terhadap gejala COVID-19, terutama jika Anda pernah berada di dekat seseorang yang sedang sakit.

Jika Anda memiliki gejala COVID-19, Anda harus menjalani tes dan tinggal di rumah dan jauh dari orang lain.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading