Pakai Sneaker, Bos Bea Cukai Baru Siap Terjun ke Lapangan?

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
12 March 2021 10:56
Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani  (Tangkapan Layar Kementerian Kesehatan R)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati resmi menunjuk Askolani sebagai Direktur Jenderal Bea dan Cukai. Ini ditandai dengan pelantikan yang baru saja dilakukan di Gedung Kementerian Keuangan.

"Menetapkan Askolani sebagai Direktur Jenderal Bea dan Cukai," bunyi isi SK pengangkatan.

Dalam pelantikannya, Askolani terlihat begitu santai dan sepertinya siap turun ke lapangan. Terlihat dari gaya pakaiannya, Askolani hadir menggunakan sneaker berwarna hitam dengan sol putih. Untuk atasan ia mengenakan kemeja batik yang dipadukan dengan celana Chino coklat muda.


Hal ini tentunya cukup berbeda dibandingkan dengan jajaran pejabat lainnya. DJBC memang cukup banyak aktivitas di lapangan ketimbang kantor, seperti penjagaan pelabuhan, bandar udara hingga pemberantasan barang ilegal.

Sebagai informasi, Askolani sebelumnya menjabat sebagai Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan. Ia menjabat posisi ini sejak akhir tahun 2013 lalu.

Pria kelahiran Palembang pada tanggal 11 Juni 1966 bukan sosok baru di Kemenkeu. Sebab, ia sudah bergabung dengan Kemenkeu sejak tahun 1992 silam hingga saat ini menjadi orang nomor satu di Direktorat Jenderal Anggaran.

Askolani sudah mendalami perekonomian sejak di bangku kuliah dengan menempuh pendidikan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan di Universitas Sriwijaya Palembang dan meraih gelar Sarjana Ekonomi pada tahun 1990. Kemudian Asko melanjutkan sekolahnya mendapatkan gelar Master of Arts Economics and Banking di Universitas Colorado pada tahun 1999.

Berikut Perjalanan Askolani di Kementerian Keuangan:

1992-2001: Memulai karirnya di Kementerian Keuangan di Badan Analisa Keuangan dan Moneter sebagai Pelaksana, Kepala Urusan Penerimaan Minyak Bumi, Kepala Subbagian penerimaan Migas, dan Kepala Subbagian Penerimaan Pembangunan.

2001-2004: Memulai karir di Badan Analisa Fiskal menjabat sebagai Kepala Subbidang Analisa Pembayaran Bunga Hutang kemudian sebagai Kepala Bidang Analisa Pengeluaran Rutin.

2004-2006: Tahun 2004 beliau berpindah ke Direktorat Jenderal Anggaran dan Perimbangan Keuangan sebagai Kepala Subdirektorat Penyusunan Anggaran Belanja Pemerintah Pusat.

2006-2008: Menjadi Kepala Bidang Perumusan Rekomendasi Kebijakan Belanja Negara.

2008-2011: Pada tahun 2008 menjabat sebagai Kepala Bidang Kebijakan Penerimaan Negara Bukan Pajak, Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan dan pada 31 Desember 2008 diangkat menjadi Kepala Pusat Kebijakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

2011-2013: Pada tanggal 21 Juni 2011 dipercaya sebagai Direktur Penerimaan Negara Bukan Pajak di Direktorat Jenderal Anggaran.

2013-2021: Pada 27 November 2013 beliau dilantik sebagai Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan.

2021-saat ini: Pada 12 Maret 2021 dilantik sebagai Direktur Jenderal Bea dan Cukai.

Berikut susunan eselon I Kemenkeu terbaru:

1. Askolani dari DJA ke DJBC
2. Heru Pambudi dari DJBC ke Sekjen
3. Hadiyanto dari Sekjen ke DJPB
4. Andin Hadiyanto dari DJPB ke LPDP
5. Rio Silaban dari BPPK ke DJKN
6. Isa Rachmatarwata dari DJKN ke DJA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Teganya, Ini 3 Fakta Kenaikan Iuran BPJS di Tengah Pandemi


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading