Jokowi Tinjau Vaksinasi Seniman: Ayo Semangat Berkarya!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
10 March 2021 13:20
Jokowi

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pelaksanaan vaksinasi massal seniman dan budayawan di Dusun Kembaran, Desa Tamantirto, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Kedatangan Jokowi disambut dengan tarian Petruk Divaksin. Jokowi yang didampingi Butet Kartaredjasa digiring para penari menuju tempat vaksinasi. Sepanjang melakukan peninjauan, Jokowi diiringi oleh lagu-lagu khas nusantara di sekitar area.

Kepala negara juga sempat berinteraksi dengan seniman dan budayawan yang tengah menjalani vaksinasi.


Saat memberikan kata pengantar, Butet Kartaredjasa mengatakan vaksinasi kepada para seniman dan budayawan merupakan hal bersejarah. Butet menyebut, Jokowi adalah kepala negara kedua yang memberikan perhatian kepada seniman setelah Soekarno.

"Setahu saya dalam sejarah Indonesia ini, Presiden setelah Bung Karno yang menyapa dengan serius, memberikan ruang perhatian kepada seniman dan budayawan baru terjadi pada pagi hari ini," kata Butet, Rabu (10/3/2021).

"Ini sangat menyenangkan, membanggakan, karena memang kita punya komitmen bersama untuk menyelamatkan kehidupan bersama dengan merelakkan diri di suntik vaksin," katanya.

Pada hari ini, sebanyak 517 seniman di Padepokan Seni Bagong Kusudiarjo melakukan vaksinasi massal. Jokowi yang memberikan sambutan mengatakan, vaksinasi berjalan lancar.

"Alhamdulillah semuanya berjalan lancar," kata Jokowi.

Jokowi mengakui situasi para seniman dan budayawan dalam kondisi yang tidak mudah. Namun, Jokowi mengingatkan bahwa semangat kesenian harus tetap bergelora kendati dalam situasi pandemi.

"Kita harus merawat semangat agar beliau-beliau yang bekerja di bidang seni ini terus memiliki semangat untuk berkarya meskipun dalam masa pandemi dan adanya pembatasan yang ada, tetapi karyanya tidak pernah berhenti," jelasnya.

"Sehingga dengan vaksinasi kita harapkan para seniman, pekerja seni, semuanya bisa terlindungi dari Covid," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading