Terungkap! Ini Kendala Pencairan Dana Desa untuk PPKM Mikro

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
08 March 2021 18:55
Mural Covid-19 di Tengah PPKM Mikro (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi mengungkap apa saja kendala yang terjadi terkait pencairan dana desa untuk pengendalian Covid-19.

Sekjen Kemendes dan PDTT berdasarkan hasil survei di lapangan yaitu di 14 kabupaten kota, kendala yang dihadapi adalah terkait penyaluran dana desa tersebut.

"Misalnya pemindahbukuan, rekening daerah ke rekening kas desa. Peraturan bupati dan walikota, ini harus menjadi perhatian," katanya dalam Konferensi Pers Perpanjangan PPKM Mikro di Jakarta, Senin (8/3/2021).


Dia mencatat, berdasarkan data di 6 provinsi yang menerapkan PPKM mikro, ada 23 ribu desa. Pagu dana desa sebanyak Rp 24,82 triliun dan baru terserap Rp 3,16 triliun atau 12%.

"Sedangkan desa yang mencairkan dana desa guna membantu PPKM mikro ada 12.190 desa," katanya.

Terakhir dia juga menyinggung soal pos relawan. Sejauh ini, pos relawan ada di 16 ribu desa. Kemudian ada tempat isolasi yang jumlahnya lebih dari 10 ribu.

"Jumlah tempat tidur 30 ribu. ODP di desa 19.620 kemudian pelaksanaan sosialisasi lebih di 16 ribu desa," pungkasnya.

Informasi saja, pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro hingga 22 Maret 2021. Keputusan itu disampaikan oleh Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto dalam keterangan pers, Senin (8/3/2021).

"Kebijakan dalam perpanjangan dan perluasan PPKM Mikro ini dilanjutkan untuk 2 minggu ke depan, yaitu tanggal 9 Maret-22 Maret 2021," ujarnya.

Kendati demikian, PPKM skala mikro kali ini diperluas ke 3 provinsi, yaitu Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Utara.

"Kemudian dasar hukumnya sudah diterbitkan melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 5 Tahun 2021," kata Airlangga.

Untuk parameter, dia bilang masih sama seperti yang sebelumnya, yaitu memenuhi salah satu dari empat parameter. Keempat parameter itu adalah sebagai berikut:

a. Tingkat kasus aktif di atas rata-rata nasional

b. Tingkat kesembuhan di bawah rata-rata nasional

c. Tingkat kematian di atas rata-rata nasional

d. Tingkat keterisian rumah sakit (BOR) untuk ICU dan ruang isolasi di atas 70%


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading