Soal Suku Bunga, Pak Perry How Low Can You Go?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
25 February 2021 10:55
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook dengan tema

Jakarta, CNBC Indonesia- Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan Bank Indonesia sudah mengerahkan seluruh kemampuan dan kewenangan untuk memulihkan ekonomi Indonesia. Salah satu, yang telah dilakukan adalah menurunkan suku bunga acuan BI-7DRRR.

"Kami sampaikan tentu saja dengan penurunan bunga BI-7DRRR menjadi 3,5% sesuai dengan tujuan sasaran inflasi, room (ruang) kami menurunkan suku bunga menjadi lebih terbatas," ujar Perry Warjiyo dalam CNBC Indonesia Economic Outlook 2021, Kamis (25/2/2021).

"Namun bukan berarti BI tidak mendukung PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional). Jadi BI sudah all out pak CT," ujar Perry.


Hal tersebut diungkapkan oleh Perry menjawab pertanyaan dari Founder/Chairman CT Corp Chairul Tanjung. "How low can you go? apakah masih ada room penurunan suku bunga?".

Perry mengatakan BI juga berkoordinasi dengan KSSK untuk terus mendorong penurunan suku bunga. Hal ini dilakukan bukan hanya dengan menurunkan suku bunga acuan, namun juga mendorong transparansi suku bunga kredit di perbankan.

Selain itu, BI juga tetap menjaga kebijakan nilai tukar Rupiah serta likuiditas perbankan untuk mendukung penurunan bunga kredit dan pemulihan ekonomi.

"BI sudah menurunkan suku bunga acuan 150 bps dan diharapkan berdampak langsung dengan bunga deposito satu bulan. Kami juga harapkan ini mendorong perbankan menurunkan suku bunga kreditnya untuk mendorong peningkatan kredit pembiayaan," ujar Perry.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading