CNBC Indonesia Outlook 2021

Luhut: 2023 Global Supply Chain Baterai Ada di Indonesia

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
25 February 2021 10:42
Luhut Binsar Pandjaitan dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook dengan tema

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pihaknya menargetkan Indonesia memiliki rantai pasok industri baterai lithium terintegrasi pada 2023 mendatang.

Hal ini menurutnya ditunjang dengan adanya rencana investasi smelter nikel, tembaga dan industri turunannya di Weda Bay, Halmahera Tengah, Maluku Utara. Di Weda Bay ini menurutnya juga akan dibangun pabrik asam sulfat yang nantinya dibutuhkan untuk bahan baku baterai lithium.

"Di Weda Bay nanti akan diproduksi asam sulfat pada 2023 dan lithium battery, pada 2023 global supply chain ada di Indonesia," ungkapnya saat diwawancarai Founder and Chairman CT Corp., Chairul Tanjung, di Economic Outlook 2021 CNBC Indonesia, Kamis (25/02/2021).


Selain itu, menurutnya ada dua calon investor kelas dunia lainnya yaitu Contemporary Amperex Technology Co. Limited (CATL) asal China dan LG asal Korea Selatan yang akan berinvestasi di Indonesia. Kedua calon investor ini akan digaet untuk membangun pabrik baterai lithium di Indonesia.

"Ini yang kita mau ada dua, CATL untuk baterai, kedua yaitu LG. Ini yang kita engage dari hulu ke hilir. Kita buat terintegerasi, jadi nickel ore ada smelternya dan turunannya," tuturnya.

Dia mengatakan, tahun lalu ekspor besi baja (iron steel) Indonesia mencapai US$ 10,8 miliar, jauh meningkat dibandingkan lima tahun sebelumnya yang hanya sekitar US$ 1 miliar.

"Indonesia masuk era industri, masuk wire (kabel), turunan copperĀ (tembaga), ada bahan nanti buat cellular phone masuk di industri juga di sini," ujarnya.

Menurutnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) konsisten untuk membuat hilirisasi industri tambang, sehingga ke depan Indonesia tidak lagi mengekspor barang mentah, namun sudah memiliki industri terintegrasi dari hulu hingga hilir.

"Generasi ke depan, ini langkah strategis. Kita jangan ekspor raw material lagi. Presiden konsisten dalam hal ini. Bauksit, kita lihat moment yang pas, kapan ini investor akan masuk," tuturnya.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading