PNS Cuti Banjir, Gaji Aman Tunjangan Gimana?

News - Cantika Adinda, CNBC Indonesia
22 February 2021 16:20
Ilustrasi PNS/Foto: Rifkianto Nugroho

Jakarta, CNBC Indonesia - Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menjadi korban banjir bisa mendapatkan cuti maksimal 1 bulan tanpa dipotong gaji. Tapi, bagaimana dengan tunjangan kinerja?

Plt. Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono menjelaskan, PNS yang terkena musibah bisa mengajukan cuti karena alasan penting.

"Untuk lamanya tergantung pimpinan untuk memberikannya. Maksimal 1 bulan," ujarnya kepada CNBC Indonesia, Senin (22/2/2021).


PNS bisa mengajukan cuti karena alasan penting dengan mengajukan permohonan secara tertulis kepada pejabat yang berwenang memberikan cuti, dengan melampirkan surat keterangan minimal dari Ketua Rukun Tetangga (RT).

Bagi PNS yang mengajukan cuti karena alasan penting, gajinya tetap dibayar penuh. Namun, kata Paryono untuk tunjangan kinerja dipotong. "Gaji tetap, tapi kalau tunjangan kinerja biasanya dipotong," ujarnya.

Kendati demikian, dalam bleid Peraturan BKN Nomor 24/2017 tentang Tata Cara Pemberian Cuti PNS, disebutkan selama menggunakan hak atas cuti karena alasan penting, PNS yang bersangkutan menerima penghasilan PNS. Penghasilan tersebut termasuk gaji, tunjangan, dan fasilitas.

"Penghasilan PNS sebagaimana dimaksud terdiri atas gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tunjangan jabatan sampai dengan ditetapkannya Peraturan Pemerintah yang mengatur gaji, tunjangan, dan fasilitas PNS," tulis bleid tersebut dikutip CNBC Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading