Internasional

Sri Mulyani Ucapkan Selamat ke Bos Wanita Pertama WTO

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
16 February 2021 08:01
Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Konferensi Pers APBN KITA (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan (Menkeu) Indonesia Sri Mulyani mengucapkan selamat atas terpilihnya Ngozi Okonjo-Iweala sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Organisasi Perdagangan Dunia atau WTO. Ngozi merupakan wanita pertama yang mengisi posisi itu.

Dalam akun Instagramnya, Sri Mulyani memposting sebuah foto yang mencantumkan dirinya bersama Ngozi serta ucapan dan harapannya untuk Ngozi dan WTO kedepan..


"Selamat besar kepada sahabat saya Dr Ngozi Okonjo- Iweala yang telah ditunjuk sebagai Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia @worldtradeorganization. Wanita pertama sebagai Dirjen !" ucapnya.

Selain itu ia juga menyampaikan bahwa tugas panjang masih menanti Ngozi, terutama untuk menciptakan perdagangan dunia yang adil dan kemakmuran bagi semua.

"Tugas besar dan penting ke depan untuk mereformasi @wto untuk menciptakan perdagangan yang adil dan kesempatan yang sama serta kemakmuran bagi semua," tambahnya.

[Gambas:Instagram]



Ngozi Okonjo-Iweala adalah ekonom asal Nigeria. Ia adalah wanita pertama sekaligus orang Afrika pertama yang berhasil menduduki posisi atas di badan perdagangan di bawah PBB ini. I

Ia sebelumnya menduduki jabatan sebagai salah satu dewan di Aliansi Global untuk Vaksin dan Imunisasi (GAVI). Dirinya pernah dua kali menjadi menteri di negaranya, yaitu Menteri Keuangan dan Menteri Luar Negeri.

Selain dalam posisi itu, Ngozi pernah bekerja bersama dengan Sri Mulyani saat masih di Bank Dunia.Tak hanya di pemerintahan, Ngozi juga tercatat pernah menjadi dewan di beberapa perusahaan seperti Twitter dan Standard Chartered.

Karena pengalaman panjangnya itu, ia telah terpilih secara mutlak untuk mengomandoi WTO ke depan.

"Dia akan membawa ketegasan, pengalaman, jaringan, serta temperamen yang dibutuhkan untuk menyelesaikan banyak hal. Menurut saya dia pilihan yang bagus," kata Pascal Lamy, mantan ketua WTO.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading