Viral Matahari Bisa Terbit dari Barat, NASA Angkat Bicara!

News - Tim, CNBC Indonesia
13 February 2021 07:10
People walk on a dune, a day before a total eclipse in Nahuelpan, La Araucania, Chile,Sunday, Dec. 13, 2020. The total eclipse will be visible from Chile and the northern Patagonia region of Argentina, and as a partial solar eclipse in Bolivia, Brazil, Ecuador, Paraguay, Peru and Uruguay. (AP Photo/Esteban Felix)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ada sebuah postingan di Facebook yang viral. Karena, NASA merilis kemungkinan matahari terbit dari barat.

Matahari muncul dari barat disebabkan oleh Bumi berputar ke arah sebaliknya dan menjadi tanda-tanda kedatangan kiamat. Postingan berbahasa Thailand itu dibagikan sekurangnya 15 ribu kali sejak pertengahan Januari.

"Bumi akan berputar ke arah sebaliknya yang menyebabkan Matahari muncul dari sisi barat. Periset meyakini bahwa kita bergerak menuju pembalikan medan magnet yang akan menjadi akhir umat manusia dan mendekati kiamat," tulis postingan meresahkan tersebut.


Postingan semacam itu diketahui beredar di media sosial terutama Facebook dalam beberapa versi. Sebelumnya juga pernah dalam bahasa Inggris.

Untungnya dapat dipastikan klaimnya palsu dan NASA tak pernah menyatakan Matahari akan terbit dari barat.

Mengenai isu ini, bantahan dari NASA sudah cukup lama mereka lontarkan. "Baik NASA maupun organisasi ilmiah lain tidak ada yang memprediksi Matahari akan terbit dari barat," kata Bettina Inclan, Associate Administrator for Communications NASA seperti ditulis detikINET dari AFP.

"Adapun pembalikan medan magnet memang fenomena nyata yang telah terjadi beberapa kali di masa silam dan ilmuwan di seluruh dunia mempelajarinya, namun pernyataan jika hal ini membuat Bumi berputar ke arah sebaliknya yang menjadikan Matahari terbit dari barat adalah salah," imbuh dia.

Berita selengkapnya >> Heboh NASA Bilang Matahari Akan Terbit dari Barat, Ini Faktanya


[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading