Gempar Temuan Bola Hitam Besar 'Yokohama 50KPa' di Bintan

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
27 January 2021 11:40
Yokohama 50KPa. Ist Foto: Yokohama 50KPa. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Warga Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, dibuat gempar gegara penemuan bola berwarna hitam dengan diameter sekitar 3 meter di tepi pantai Desa Teluk Bakau pada Selasa (26/1/2021).

Pihak Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang mengaku telah mendapat laporan penemuan benda tersebut.

"Kita terima gambarnya juga. Itu diduga dapra. Kemudian hanyut. Apakah dari Singapura atau dari mana, kita belum tahu," kata Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Lantamal IV Tanjungpinang Mayor Marinir Saul Jamlaay, saat dimintai konfirmasi, Rabu (27/1/2021).

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dapra adalah bantalan yang dipasang pada lambung kapal atau perahu. Benda ini berfungsi menjaga supaya kapal tidak bersentuhan dengan tembok dermaga atau pangkalan dan sebagainya.

Yokohama 50KPa. IstFoto: Yokohama 50KPa. Ist



Dia mengatakan 'bola raksasa' tersebut hanya ditemukan sebanyak satu unit pada Selasa (26/1/2021) kemarin. Mayor Saul meminta masyarakat untuk tidak panik terkait penemuan benda tersebut.

Dia juga mengapresiasi masyarakat yang melaporkan penemuan benda asing kepada aparat. Karena diduga benda tersebut merupakan dapra, balon raksasa tersebut tidak membahayakan.

"Bagus kalau memang ada temuan seperti itu yang dirasa agak aneh, bisa dilaporkan ke TNI AL terdekat atau kepolisian. Seperti yang serpihan diduga sayap pesawat itu kan yang temukan masyarakat, lalu mereka melaporkan ke aparat," kata Mayor Saul.

"Menurut saya tidak membahayakan," lanjutnya.

Berita selengkapnya >>> Klik di sini



[Gambas:Video CNBC]

(miq/dru)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Baca Juga
Features
    spinner loading