Tok! Rapat Paripurna DPR Setujui Listyo Sigit Sebagai Kapolri

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
21 January 2021 15:07
Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjalani uji kelayakan dan kepatutan dengan Komisi III DPR setelah sebelumnya menyerahkan makalah berisi visi dan misi Sigit jika terpilih sebagai Kapolri. (Dok: Ist)

Jakarta, CNBC Indonesia - Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dengan bulat menyetujui pengangkatan Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Persetujuan itu diambil dalam rapat paripurna yang berlangsung di ruang rapat paripurna DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (21/1/2021).

Dalam rapat itu, pimpinan Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Nasional Demokrat Ahmad Sahroni membacakan rangkaian kegiatan yang telah dilakukan Komisi III DPR RI mulai dari rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) hingga uji kelaikan dan kepatutan kemarin.

"Setelah dilakukan uji kelayakan pada pukul 14.00 dilanjutkan dengan rapat pleno untuk mendengarkan pandangan fraksi terhadap usul pemberhentian dengan hormat dari jabatan Kapolri atas nama Jenderal Polisi Idham Azis dan pengangkatan Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri," ujar Ahmad.


"Berdasarkan keputusan rapat pleno tersebut, Komisi III DPR melalui pandangan fraksi secara mufakat menyetujui untuk memberhentikan Jenderal Polisi Idham Azis sebagai Kapolri dan selanjutnya menyetujui untuk mengangkat Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri," lanjutnya.

Setelah Ahmad menuntaskan laporannya, Ketua DPR RI Puan Maharani melontarkan pertanyaan kepada anggota DPR RI yang hadir.

"Apakah laporan Komisi III DPR atas hasil uji kelayakan terhadap calon Kapolri tersebut dapat disetujui?," tanya Puan
 
"Setuju," jawab wakil rakyat yang hadir secara fisik maupun virtual.



Kemarin, Listyo mengikuti uji kelaikan dan kepatutan dengan Komisi III DPR RI. Dapat uji itu, Listyo menyatakan akan mengusung konsep 'Transformasi Polri yang Presisi'. Presisi dalam konsep tersebut merupakan akronim dari Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan.

Menurut Listyo, konsep itu merupakan kelanjutan dari konsep Profesional, Modern, dan Terpercaya (Promoter) yang telah diusung sejak era kepemimpinan Jenderal Polisi (Purn) Tito Karnavian sebagai Kapolri.

Setelah uji kelaikan dan kepatutan, seluruh fraksi di Komisi III DPR RI menyetujui pencalonan Listyo sebagai Kapolri. Persetujuan itu disampaikan seluruh fraksi di Komisi III DPR usai menggelar uji kelayakan dan kepatutan, Rabu (20/1/2021).

"Menyetujui pengangkatan Komjen Listyo Sigit sebagai Kapolri yang selanjutnya ditetapkan dalam Rapat Paripurna DPR RI terdekat dan diproses sesuai aturan perundang-undangan," ujar Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading