Duh! Gempa M 5,0 Guncang Gunung Kidul

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
20 January 2021 11:27
People look at the ruin of a building flattened during an earthquake in Mamuju, West Sulawesi, Indonesia, Saturday, Jan. 16, 2021. Damaged roads and bridges, power blackouts and lack of heavy equipment on Saturday hampered Indonesia's rescuers after a strong and shallow earthquake left a number of people dead and injured on Sulawesi island. (AP Photo/Yusuf Wahil)

Jakarta, CNBC Indonesia- Gempa bumi kembali terjadi terjadi di Gunung Kidul, DI Yogyakarta kekuatan magnitudo 5,0. BMKG menyatakan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Gempa tersebut terjadi pada Rabu (20/1/2020) pada pukul 03.10 WIB. Titik gempa berada di 9,04 lintang selatan dan 110,51 bujur timur.

Gempa yang terjadi di Gunung Kidul ini dirasakan hingga Pacitan, dan Trenggalek, Jawa Timur, namun BMKG mengimbau masyarakat tetap tenang. Gempa ini juga dirasakan dalam skala II-III MMI di Pacitan dan skala II MMI di Trenggalek, Jawa Timur.

Skala II yakni getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sementara skala III, getaran dirasakan nyata dalam rumah dan seolah ada truk berlalu.


"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangan tertulis dikutip dari detik.com, Rabu (20/1/2021).

Masyarakat juga diminta menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa di Gunung Kidul. Selain itu, warga diimbau memastikan keamanan bangunan tempat tinggalnya.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," tutur Bambang.

Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan akibat gempa tersebut, dan hasil monitoring BMKG juga belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

"Hingga hari Rabu, 20 Januari 2021 pukul 04.35 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock)," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading