Airlangga Penyintas Positif Covid-19, Ini Penjelasan Kemenko

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
19 January 2021 13:51
Airlangga Hartanto. (Tangkapan layar Youtube Kemenko PMK)

Jakarta, CNBC Indonesia- Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga sempat terdeteksi virus Covid-19 pada 2020. Setelah dinyatakan sembuh dan sehat, Airlangga menjadi salah satu pendonor plasma konvalesen yang akan digunakan sebagai terapi pasien Covid-19.

Juru Bicara Kemenko Perekonomian Alia Karenina mengatakan setelah Airlangga dinyatakan positif Covid-19, dilakukan testing, tracing, dan treatment secara optimal. Tidak seperti menteri yang lainnya, tidak banyak yang mengetahui Airlangga salah satu penyintas atau pernah positif Covid-19.

"Sebagai bentuk rasa syukur karena sudah diberikan berkah kesehatan, sembuh dari Covid-19, maka Beliau mendonorkan plasma konvalesen untuk membantu percepatan tingkat kesembuhan pasien Covid-19 lain. Diharapkan semakin banyak penyintas Covid-19 yang mendonorkan plasma di masa yang akan datang," kata Alia, Selasa (19/01/2021).


Sebelumnya, saat mendonorkan darahnya Airlangga mengatakan untuk menjadi pendonor plasma sudah dipersiapkan beberapa hari yang lalu di-screening oleh dokter, untuk dinyatakan sesuai kriteria.

"Alhamdulillah kalau lulus berarti alhamdulillah sehat dan ini bagian dari syukur nikmat," kata Airlangga.

"Kita punya yang sembuh itu 728 ribu dan tentunya ini sangat membutuhkan donor plasma konvalesen dan dengan gerakan ini diharapkan lebih banyak masyarakat yang akan mendonorkan plasma," lanjutnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading