Uang $20 'Bernoda' Ini Ditawar Rp 800 Juta, Kok Bisa?

News - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
16 January 2021 20:35
Foto: Heritage Auction

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah uang kertas $20 dollar yang unik saat ini menghebohkan jagad sosial media. Pasalnya pecahan uang kertas unik itu ditawar hingga hampir Rp1 miliar. Lalu apa sebenarnya keunikan uang kertas itu.

Dilansir dari CNN International, uang kertas itu menjadi menarik karena memiliki stempel Produsen Saus Del Monte diatasnya. Hingga saat ini, pecahan uang tersebut telah dilelang dengan penawar tertinggi hingga US$ 57 ribu dollar atau sekitar Rp 806 juta rupiah. Uang itu dilelang melalui Heritage Auctions, sebuah rumah lelang yang berbasis di Dallas.

"Catatan itu telah dilihat di situs kami lebih dari 4.300 kali," kata Dustin Johnston, wakil presiden dan direktur pelaksana departemen mata uang dengan Heritage Auctions.


Bagaimana stempel Del Monte bisa mendarat di pecahan uang itu belum diketahui secara pasti. Namun cerita yang berkembang bahwa uang itu diperoleh oleh seorang mahasiswa asal Ohio di ATM pada tahun 2003.

"Banyak kesalahan yang datang dan keluar dari ATM sangat sulit untuk diketahui," kata Johnston kepada CNN.

"Ini adalah salah satu kesalahan luar biasa yang langsung terlihat. Ini taktil, jadi jika Anda mengeluarkan (uang) dan hanya menghitungnya, Anda mungkin akan merasakan peningkatan tinggi stiker. Dan maka tentu saja warnanya akan langsung terlihat, "tambah Johnston.

Pada tahun 2003, uang kertas itu sempat dijual di eBay dengan harga sekitar US$ 10.000. lalu uang itu dijual lagi pada tahun 2006, dalam lelang oleh Heritage Auctions dengan harganya yang lebih dari US$ 25.000.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading