Listyo Sigit Calon Kapolri Pilihan Jokowi? Mahfud: Spekulasi!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
12 January 2021 13:02
Mahfud MD

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD angkat bicara perihal beredarnya nama Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Melalui akun Twitter resminya @mohmahudmd, seperti dikutip CNBC Indonesia, Selasa (12/1/2021), Mahfud menegaskan nama-nama calon Kapolri yang beredar di media massa masih spekulasi belaka.

"Nama calon Kapolri yang beredar di media sekarang masih tebak-tebak buah nangka alias spekulasi," kata Mahfud.

Eks Ketua Mahkamah Konstitusi itu mengatakan, hingga sat ini Jokowi belum mengirimkan nama calon Kapolri kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Mahfud bahkan memastikan, Jokowi belum menunjuk satu nama tertentu untuk menjadi Kapolri.

"Belum ada yang tahu siapa calon Kapolri kita sebab Presiden masih terus mempertimbangkan secara seksama siapa yang paling tepat untuk jabatan tersebut," jelasnya.

Mahfud kemudian menjelaskan ciri khas yang dilakukan Jokowi dalam memilih pejabat.

"[Jokowi] meminta dibuatkan 5 draf surat pengusulan yang berisi nama yang berbeda. Pada saat yang tepat beliau tanda tangani salah satu. Sedangkan draf surat yang tidak ditandatangani dimusnahkan. Jadi tidak ada yang tahu kecuali setelah diumumkan resmi," ujar Mahfud.



Beberapa waktu lalu, Mahfud selaku Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) telah mengajukan lima nama calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis kepada Jokowi.

Nama-nama itu kemudian akan dipilih oleh Presiden agar diajukan ke DPR untuk kemudian menjalani uji kepatutan dan kelaikan.

"Yang diajukan semua jenderal bintang tiga, tidak ada yang masih bintang dua," ujar Mahfud via akun Twitter resminya, Jumat (8/1/2021).

Berikut adalah lima komisaris jenderal polisi yang diajukan Kompolnas kepada Jokowi untuk dipilih sebagai calon Kapolri:

a. Wakil Kapolri Gatot Eddy Pramono
b. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Boy Rafly Amar
c. Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Listyo Sigit Prabowo
d. Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Arief Sulistyanto
e. Kepala Badan Pemelihara Keamanan Agus Andrianto

"Kelima orang itu dianggap memenuhi syarat profesionalitas, loyalitas, jam terbang," kata Mahfud.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading