Menhub BKS Pastikan Sriwijaya Air SJ-182 Jatuh, Ini Lokasinya

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
09 January 2021 19:16
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Kemenhub)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, memastikan Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 hilang kontak saat terbang dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng jatuh di perairan Kepulauan Seribu. 

"Ya dekat Pulau Laki," kata Budi Karya seperti dilansir CNBC Indonesia dari detikcom, Sabtu (9/1/2021). Dia menjawab pertanyaan apakah dipastikan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang hilang kontak tersebut jatuh.

Informasinya Budi Karya dan jajarannya dalam waktu dekat ini akan menggelar jumpa pers soal peristiwa ini.


Sebelumnya Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, membenarkan telah terjadi kehilangan kontak dengan salah satu pesawat Sriwijya Air. Pesawat yang hilang kontak tersebut dengan nomor penerbangan SJY-182 jurusan Jakarta-Pontianak.

"Telah terjadi lost contact pesawat udara Sriwijaya rute Jakarta - Pontianak dengan call sign SJ-182. Terakhir terjadi kontak pada pukul 14.40 WIB. Saat ini tengah dalam investigasi dan tengah dikoordinasikan dengan BASARNAS dan KNKT. Kami akan menyampaikan informasi lebih lanjut jika sudah ada perkembangan lain," kata Adita kepada CNBC Indonesia, Sabtu (9/1/2021).

Pesawat Sriwijaya Air SJY-182 rute Jakarta-Pontianak hilang kontak di Kepulauan Seribu tidak lama lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta. Situs FlightRadar24 menyebut pesawat itu kehilangan ketinggian 10 ribu kaki dalam 1 menit.

Dipantau dari situs FlightRadar24, pesawat Sriwijaya Air sempat mencapai ketinggian 10.900 kaki. Mendadak, ketinggian berubah menjadi 8.950 kaki, turun ke 5.400 kaki, hingga terakhir terpantau di 250 kaki. Setelah itu, pesawat hilang kontak.

Pesawat ini merupakan jenis Boeing 737-500 dengan nomor registrasi PK-CLC.

Sebelumnya, Manajer Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, Haerul Anwar, mengatakan pesawat Sriwijaya Air itu hilang kontak di sekitar Pulau Lancang, Kepulauan Seribu.

"Hilang kontak di sekitar Tanjung Pasir Pulau Lancang gitu-lah," kata Manajer Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, Haerul Anwar, saat dimintai konfirmasi, Sabtu (9/1/2021).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tim SAR Temukan Puing Alumunium & Kabel di Kepulauan Seribu


(hps/hps)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading