Baru Dilantik, Anggota DEN Tanggapi Tingginya Impor BBM

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
08 January 2021 16:34
Ketua Pansus RUU Sisnas Iptek Daryatmo Mardiyanto Foto : Andri/mr via DPR.go.id

Jakarta, CNBC Indonesia - Delapan anggota Dewan Energi Nasional (DEN) baru saja dilantik oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif hari ini, Jumat (08/01/2021). Setelah dilantik, anggota DEN baru ini dihadapkan pada banyak persoalan bidang energi, salah satunya impor minyak yang makin melejit.

Salah satu anggota DEN, Daryatmo Mardiyanto, mengakui bahwa tingkat penurunan produksi dari sumber daya alam di sektor minyak dan gas saat ini cukup besar, sementara permintaan terus meningkat. Oleh karena itu, tak pelak bila Indonesia masih menjadi negara yang bergantung pada impor minyak untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Daryatmo menyebut kekurangan pasokan minyak di dalam negeri hampir 50% dari kebutuhannya.

Oleh karena itu, menurutnya ada dua hal yang perlu dilakukan, yakni mempertahankan dan sebisa mungkin meningkatkan cadangan migas yang ada serta mendorong pemanfaatan energi baru terbarukan.


"Ini jalan kita menuju kemandirian energi, tidak bisa kita bantah kekurangan dan impor itu, tapi harus ada jalan bahwa pengurangan impor harus dilakukan atau menutup impor dengan energi lain," tegasnya usai dilantik, Jumat (08/01/2021).

Daryatmo menegaskan bahwa semua target tersebut bisa dicapai dengan kebijakan lintas sektoral terkait energi. Melalui hal tersebut, dia yakin bahwa energi untuk rakyat yang menjadi cita-cita bersama akan dicapai.

"Insya Allah bisa diwujudkan, optimisme harus dibangun dan energi untuk rakyat jadi cita-cita kita bersama," tuturnya.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading