Masih Cari Duit, MRT Fatmawati-Taman Mini Target Selesai 2027

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
05 January 2021 16:25
Uji Coba MRT Jakarta di Lebak Bulus, Selasa (5/8/6/2018) . (dok. MRT Jakarta)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT MRT Jakarta tengah mencari pendanaan untuk pembangunan jalur MRT Fatmawati - Taman Mini Indonesia Indah, dan beberapa rute lainnya.

Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar mengatakan perusahaan akan melakukan market sounding dan pencarian dana dari investor untuk pembangunan rute Fatmawati - Taman Mini Indonesia.

"Koridor Fatmawati - Taman Mini tahun ini market sounding, pencarian pendanaan ke investor, dilanjutkan obligasi pemerintah. Saat ini sedang disiapkan feasibility study dan desain," katanya dalam Diskusi Awal Tahun, Selasa (5/1/2020).


William menjelaskan apabila tahapan ini sudah terlewati, 2022 bisa melakukan proses konstruksi dan akan selesai pada 2027 mendatang. Pembangunan jalur itu membutuhkan biaya sebesar Rp 25-28 triliun.

Sementara untuk jalur Bundaran HI - Ancol barat membutuhkan dana sebesar Rp 22 triliun. Saat ini sedang dijajaki pendanaan tambahan dari pemerintah Jepang .

Untuk jalur Kalideres - Ujung Menteng saat ini dalam proses desain dengan estimasi pendanaan dari hasil feasibility studies sebesar Rp 50-55 triliun sepanjang 31 kilometer.

"Ini tergantung dari pilihan trase yang saat ini dilakukan konsultan dari Kementerian Perhubungan," lanjutnya.

Sementara itu proyek MRT pada fase kedua dipastikan molor akibat adanya pandemic Covid-19. Sehingga untuk fase II tahap pertama Bundaran HI - Harmoni Baru akan selesai pada Maret 2025 dengan proses pembangunan 9,8%.

Tahap kedua Harmoni - Mangga Besar juga mundur menjadi Agustus 2027. Untuk rute ini masih dalam proses persiapan pengadaan. William menegaskan jajaranya akan mengusahakan jalur Bundaran HI- Ancol Barat akan selesai 2028 atau 2029 mendatang.

"Target capaian roadmap keseluruhan 235 kilometer di tahun 2035 dapat tercapai," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading