Gokil! RI Janjikan Tax Holiday Pabrik Tesla Sampai 20 Tahun

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
30 December 2020 11:54
A truck loaded with Tesla cars departs the Tesla plant Tuesday, May 12, 2020, in Fremont, Calif. Tesla CEO Elon Musk has emerged as a champion of defying stay-home orders intended to stop the coronavirus from spreading, picking up support as well as critics on social media. Among supporters was President Donald Trump, who on Tuesday tweeted that Tesla's San Francisco Bay Area factory should be allowed to open despite health department orders to stay closed except for basic operations. (AP Photo/Ben Margot)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan Indonesia bakal memberikan berbagai insentif agar pabrikan mobil listrik Tesla mau menanamkan investasinya di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, Tesla bakal mendapat tax holiday atau pembebasan pajak jika benar-benar berkomitmen menanamkan modalnya di Indonesia.

"Indonesia sudah menyiapkan tax holiday 5 sampai 20 tahun untuk Tesla, kalau mereka mau investasi di Indonesia," kata Agus kepada CNBC Indonesia, Rabu (30/12).

Namun, besaran yang bakal diberikan pemerintah bergantung pada nilai komitmennya. Indonesia bakal mengecek apakah nilai tersebut cukup besar atau sangat besar. Nilai itu juga bakal menandakan bagaimana serius tidaknya investasi Tesla di tanah air.


"Tentu fasilitas ini tergantung dari nilai investasi mereka," lanjut Agus.

Demi membicarakan peluang investasi tersebut, ia memastikan tim dari raksasa pabrikan mobil listrik Tesla akan datang ke Indonesia awal Januari mendatang. Ia menyebut perusahaan asal Amerika Serikat itu akan membahas poin-poin lebih lanjut dari pembicaraan yang sudah terjalin sebelumnya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait investasi pabrik baterai di Indonesia.

"Tesla akan mengirim timnya awal Januari nanti ke Indonesia untuk mem-follow up pembicaraan antara Bapak Presiden dan pemilik Tesla Elon Musk, untuk mem-follow up. Tentu kami akan berupaya agar Tesla bisa kita yakini untuk melakukan investasinya di Indonesia," kata Agus di kantor Kemenperin, Jakarta Senin (28/12).

Kedatangan tim Tesla tidak lepas dari udangan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada pertengahan Desember. Ia bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan menelepon CEO Tesla Elon Musk, pada Jumat, (11/12/2020). Salah satu obrolan presiden dengan Bos Tesla adalah mengajak Tesla untuk luncurkan Space X di Indonesia.

"Presiden RI Joko Widodo mengajak Tesla untuk melihat Indonesia sebagai launching pad Space X," bunyi siaran pers Biro Komunikasi Kemenko Maritim dan Investasi, Sabtu, (12/12/202).

Selain itu, tujuan utama dari Jokowi menelepon Bos Tesla adalah untuk membahas mengenai peluang investasi perusahaan mobil listrik Tesla di Indonesia. Pembicaraan itu berbuah panjang dengan datangnya tim Tesla awal Januari nanti.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading