Tahun 2021, Bansos Sembako Jabodetabek Diubah Jadi BLT

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
29 December 2020 11:49
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effend (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin Rapat Terbatas dengan topik "Persiapan Penyaluran Bantuan Sosial Tahun 2021" di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (29/12/2020).

Dalam keterangan pers selepas ratas, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengungkapkan bantuan sosial dalam wujud sembilan bahan pokok (sembako) untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) akan dihentikan pada tahun depan.

Menurut dia, bansos dalam wujud sembako akan diubah menjadi bantuan langsung tunai (BLT) yang nanti akan diantar oleh petugas PT Pos Indonesia ke rumah para penerima bantuan.



"Jadi tidak perlu datang ke Kantor Pos karena kalau datang nanti dipenuhi kerumunan, maka akan di antar ke alamat masing-masing," kata Muhadjir.

Ia pun mengingatkan agar keluarga penerima manfaat (KPM) mematuhi pedoman yang ditetapkan Kementerian Sosial (Kemensos).

Lebih lanjut, eks menteri pendidikan dan kebudayaan ini bilang kalau pemberian bantuan akan dimulai serempak pada awal Januari 2021. Selain melalui PT Pos Indonesia, bantuan juga akan disalurkan oleh bank-bank anggota Himpunan Bank-bank Negara (Himbara).

"Dalam kesempatan ini saya minta kepada seluruh bank Himbara untuk mematuhi kesepakatan ketika dana masuk ke rekening mereka, harus segera di-update, tidak boleh ditahan karena ini untuk mempercepat, memperkuat daya beli, dan meningkatkan konsumsi rumah tangga agar mereka terhindar dari dampak buruk Covid-19," kata Muhadjir.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading