Uhuy! Tahun Depan Masuk Tol Tak Perlu Buka Pintu Mobil Lagi

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
28 December 2020 14:32
oto/Malam Ini, Pintu GT Cikampek Utama 1 Mulai Mengular/Andrean Kristianto

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi mendorong percepatan persiapan Sistem Transaksi Tol Non-tunai Nir-sentuh Berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF). Sistem MLFF ini memungkinkan pengguna tol tak perlu menempel kartu atau tak perlu membuka pintu kendaraan.

Ketua Bidang Implementasi MTI, Transportasi MTI Syafri Yuzal mengatakan pengembangan metode pembayaran elektronik akan berkembang tahun depan. Faktor keamanan dan Kesehatan saat ini masih menjadi fokus utama akibat adanya Covid - 19 sehingga sistem MLFF bisa diterapkan tahun depan.

"Gimana elektronik collection orang tidak takut terkena virus, uangnya tidak bocor, baik itu policy baik itu program", katanya pada Webinar Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Senin, (28/12/2020).


Syafri menjelaskan dari tahun 2017 menteri PUPR sudah ada roadmap untuk transaksi non tunai seperti sekarang adalah tap and go di pintu tol dan single lane with barrier masih ada on board unit di mobil untuk tempat e-money yang akan secara otomatis membuka gerbang tol.

"On going tender ke depan gimana merubah sudah tidak perlu lagi membuka kaca, alatnya sudah melekat pada mobil dan tidak ada gerbang tol. jadi karakteristik cashless yang pakai e-money. Kira kira dua tahun dari sekarang bisa MLFF," katanya.

Dengan adanya sistem MLFF di jalan juga dapat merubah pola penindakan hukum di jalan. Jadi nantinya penindakan tidak kepada pengendara tapi ke pemilik mobil yang teregistrasi dari nomor kendaraan.

Syafri menjelaskan untuk proyek yang masih on going tender ini akan memakai teknologi terbaru, berbeda dengan milik negara maju sekarang.

"Teknologi paling baru di dunia kita pakai pakai kita tidak mengikuti negara maju. Jadi langsung ke satelit akurasinya bisa cepat sekali ini pengaruhi pembayarannya," katanya.

Dari rencananya tentu tidak semua bisa terlaksana pada tahun depan. Menurut Syafri tahun 2023 sistem ini sudah bisa dilakukan pada jaringan jalan tol seluruh Indonesia.

"Teknologi nya pakai on board unit atau handphone masing masing perusahaan beda beda aksesnya. Plan semula ini bertahap hingga 2023 roll out," katanya.

Namun, ini tergantung dari proses integrasi dengan badan usaha jalan tol dan badan usaha pelaksana untuk berjalan. Dia melihat di tahun 2021 akan ada uji coba di beberapa ruas untuk diadopsi kepada masyarakat.

Dari sisi pemerintah melalui PUPR sedang menyiapkan sarana dan prasarananya. Rencananya pemenang pelelangan pengusahaan MLFF pada Januari 2021 akan diumumkan. Bila terealisasi, maka sistem masuk tol tanpa buka pintu suatu keniscayaan dimulai 2021.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading