China Perpanjang Pengecualian Tarif Impor 6 Produk AS Setahun

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
25 December 2020 20:30
Chinese and U.S. flags flutter near The Bund, before U.S. trade delegation meet their Chinese counterparts for talks in Shanghai, China July 30, 2019.  REUTERS/Aly Song

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) China menyatakan akan memperpanjang pengecualian tarif untuk impor enam produk dari Amerika Serikat (AS) selama satu tahun mendatang.

Kemenkeu China, yang menyatakan hal tersebut pada Jumat (25/12/2020), mengatakan perpanjangan yang efektif pada 26 Desember 2020 akan berlangsung hingga 25 Desember 2021. Perpanjangan pengecualian tarif impor enam produk termasuk minyak putih dan lilin minyak berbahan aman (food-grade).

China mengumumkan pengecualian tarif pada 6 produk kimia dan minyak dari AS pada Desember 2019 lalu, tak lama setelah kedua negara mengumumkan kesepakatan perdagangan Fase 1.

Sebelum pandemi virus corona (Covid-19) menyerang dunia, pemerintah AS dan China telah sepakat untuk melanjutkan dialog tahunan tentang masalah ekonomi dan perdagangan kedua negara.



Wall Street Journal melaporkan, diskusi semacam itu sebelumnya telah dilakukan selama era pemerintahan Presiden George W. Bush dan dilanjutkan hingga pemerintahan Presiden Barack Obama. Namun, pada masa pemerintahan Presiden Donald Trump tahun 2017, dialog itu dihentikan.

Perundingan yang digagas Menteri Keuangan AS era Bush, Henry Paulson itu awalnya dilakukan dua kali setahun. Namun pada era Obama perundingan dilakukan menjadi hanya setahun sekali.

Seperti diketahui, AS telah menganggap praktik perdagangan China tidak adil. Akibatnya, pada awal 2018 lalu Trump melancarkan perang dagang dengan China, di mana kedua negara saling menerapkan tarif impor terhadap barang-barang satu sama lain.

Selama itu AS telah mengenakan tarif lebih dari US$ 500 miliar pada barang-barang China. Sementara laporan CNBC International mengatakan Negeri Tirai Bambu mengenakan bea masuk lebih dari US$ 100 miliar pada impor AS.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading