Ini Dia P-Care, Aplikasi BPJS Kesehatan untuk Vaksinasi Covid

News - Herdaru, CNBC Indonesia
16 December 2020 15:05
BPJS Kesehatan (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bakal menggunakan aplikasi Primary Care (P-Care) untuk pelayanan vaksinasi Covid-19.

Direktur Utama BPJS Kesehatan mengatakan aplikasi tersebut berfungsi untuk proses registrasi, screening, hingga pemberian vaksin yang nantinya dilakukan setelah Indonesia resmi mendapatkan vaksin Covid-19.

"Kami akan memastikan aplikasi P-Care versi Vaksin Covid-19 dapat beroperasi dan memberikan kemudahan saat pelayanan vaksin diberikan," demikian Fachmi Idris dikutip Rabu (16/12/2020).

P-Care atau Primary Care BPJS Kesehatan saat merupakan aplikasi yang saat ini digunakan untuk menyediakan akses untuk peserta BPJS Kesehatan ke fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) seperti puskesmas, klinik, dan dokter.



Jadi sederhananya, aplikasi tersebut digunakan untuk meningkatkan pelayanan faskes dalam melayani peserta yang berobat menggunakan kartu BPJS. Mereka yang ingin berobat dapat menggunakan Primary Care BPJS Kesehatan untuk melakukan pendaftaran, berobat hingga menerima pelayanan laboratorium.

Nantinya Fachmi mengatakan FKTP yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan sudah sangat familiar dalam penggunaan P-Care. "Sehingga kita harap dukungan ini akan memperlancar proses pemberian vaksin, data penerima valid dan dalam hal pelaporan akan sesuai dengan prinsip tata kelola yang baik serta dapat dipantau secara realtime."

Pcare merupakan aplikasi BPJS Kesehatan yang menyediakan akses peserta asuransi ke fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP). Nah FKTP ini mempunyai peran sebagai gatekeeper yang memungkinkan petugas kesehatan dapat menangani 144 diagnosis penyakit yang diderita pasien JKN-KIS.

Namun jika FKTP merasa sudah tidak dapat menangani pasien lebih lanjut, maka pasien akan dirujuk ke fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan (FKRTL). Maka pasien akan mendapat penanganan yang lebih lengkap sesuai kebutuhan medisnya.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading