Ciye Akur.. Vladimir Putin Ucapkan Selamat untuk Joe Biden

News - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
15 December 2020 17:25
Russian President Vladimir Putin attends a cabinet meeting at the Novo-Ogaryovo residence outside Moscow, Russia, Tuesday, Aug. 11, 2020. Putin says that a coronavirus vaccine developed in the country has been registered for use and one of his daughters has already been inoculated. Speaking at a government meeting Tuesday, Aug. 11, 2020, Putin said that the vaccine has proven efficient during tests, offering a lasting immunity from the coronavirus. (Alexei Nikolsky, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Rusia Vladimir Putin dilaporkan telah memberi ucapan selamat kepada Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden. Hal yang paling ditunggu-tunggu ini dilakukan setelah Biden dipastikan memenangi pilpres AS yang dilaksanakan 3 November lalu.

Dikutip dari Reuters, Selasa (15/12/2020) Rusia sebelumnya mengatakan akan menunggu hasil resmi pemilihan sebelum mengomentari hasilnya, bahkan ketika negara-negara lain memberi selamat kepada Biden atas kemenangan itu pada hari-hari setelah pemungutan suara 3 November.

Saat ini dengan kemenangan Biden yang telah dipastikan, maka ini merupakan saat yang tepat bagi Rusia untuk memberikan ucapan selamat.

Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara dengan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu, saat ia menyaksikan peluncuran pendorong roket Angara-A5 di Kosmodrom Plesetsk melalui tautan video langsung di Moskow, Rusia, Selasa, 23 Desember 2014. (AP Photo / RIA Novosti, Alexei Druzhinin, Layanan Pers Kepresidenan)Foto: AP/Alexei Druzhinin
Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara dengan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu



"Bagi saya, saya siap untuk interaksi dan kontak dengan Anda," kata Pemerintah Rusia mengutip Putin dalam sebuah pernyataan.

"Putin berharap presiden terpilih setiap sukses dan menyatakan keyakinan bahwa Rusia dan Amerika Serikat, yang memiliki tanggung jawab khusus untuk keamanan dan stabilitas global, dapat, terlepas dari perbedaan mereka, benar-benar membantu memecahkan banyak masalah dan tantangan yang dihadapi dunia," kata Kremlin.

Sebelumnya Kremlin diyakini terlibat dalam kampanye media sosial yang berhasil melahirkan Donald Trump sebagai presiden AS pada 2016. Penundaan Putin dalam menerima Biden sebagai pemenang pemilu 2020 ini ditafsirkan oleh beberapa orang sebagai dukungan atas upaya kampanye Trump untuk membalikkan hasil.
.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading