Dear UMKM, Simak Tips Jokowi Agar Barang Anda Mudah Dijual

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
10 December 2020 10:52
Presiden Joko Widodo dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2020 (Tangkapan Layar Youtube Bank Indonesia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap cara agar pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dapat menjual produknya dengan mudah di pasar domestik maupun internasional.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat memberikan pengarahan dalam Pembukaan UMKM Expo BRILIANPRENEUR 2020 yang diselenggarakan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, Kamis (10/12/2020).

"UMKM harus terintegrasi dengan market place nasional dan global agar produknya bisa terjual secara mudah, karena pasarnya lebih luas," kata Jokowi.


Jokowi lantas menyambut baik pagelaran Brilianpreneur yang telah menampikan produk UMKM dengan nuansa berbeda. Menurutnya, pagelara ini perlu menjadi sebuah contoh ke depan.

"Sudah 3D virtual, disajikan dengan instalasi seni yang bagus, disaksikan secara virtual. Kita seperti berada di ruang pameran sesungguhnya," katanya.

"Jika sekarang UMKM yang terlibat 573, ke depan jumlahnya harus lebih banyak karena UMKM kita jumlahnya jutaan ada 64 juta dan usahanya bermacam-macam," jelasnya.

Jokowi kemudian menyambut baik peluncuran pasar.id, yang merupakan sebuah platform khusus bagi para pedagang tradisional untuk menjajakan barang dagangannya secara daring.

"Saya menyambut baik peluncuran pasar.id sebagai inisiatif bank BRI yang melakukan digitalisasi pasar, dan 2021 bisa ditingkatkan menjadi 10 ribu pedagang pasar dan konsumen bisa bertransaksi dengan mudah dan cashless," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Top Pak Jokowi! UMKM Bakal Dikasih Uang Rp 2,4 Juta Nih


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading