Terungkap, Penyebab Covid RI Sempat Meledak 8.000 Kasus Baru!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
08 December 2020 17:09
Penumpang KRL di Stasiun Manggarai (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan beberapa faktor kenapa pada 3 Desember lalu kasus positif Covid-19 mencapai rekor ke angka 8.369 dalam sehari. Angka tersebut menurut Wiku membahayakan dan mencerminkan masih tingginya penularan yang terjadi.

"Ini adalah akibat telah terjadinya penurunan drastis tingkat kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan 3M. Data terakhir menunjukkan tingkat kepatuhan memakai masker turun dari 83,67% pada bulan September menjadi 57,78% pada awal Desember," kata Wiku, Selasa (8/12/2020)

"Ini diperburuk juga dengan kenyataan bahwa kedisiplinan menjaga jarak juga turun dari 59,57% menjadi 41,75% pada periode yang sama."


Wiku menjelaskan tidak ada upaya lainnya yang efektif selain masyarakat patuh terhadap protokol kesehatan. Ia pun memberi ultimatum khusus.

"Saya harus kembali mengingatkan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa mematuhi protokol Kesehatan merupakan kewajiban kita semua."

"Saya juga meminta kepada pimpinan dan aparat penegak hukum di daerah untuk terus melakukan penegakan disiplin terhadap masyarakat yang masih tidak patuh terhadap protokol kesehatan dan tidak pandang bulu."

"Ingat! dokter dan tenaga kesehatan yang memberikan perawatan merupakan benteng terakhir. Jumlah mereka sangat terbatas. Hargailah mereka," papar Wiku.

Halaman Selanjutnya >> Kasus Covid-19 di 8 Desember 2020



Kasus Covid-19 per 8 Desember 2020
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading