Adik Kena Covid, Lula Kamal: Cari RS Sulitnya Setengah Mati!

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
04 December 2020 17:10
Lula Kamal, Tim komunikasi Satgas Covid-19. (Tangkapan layar youtube BNPN Indonesia)

Jakarta, CNBC Indonesia- Dokter Lula Kamal menyatakan sulitnya mencari kamar rumah sakit untuk perawatan pasien virus corona (Covid-19) di Jakarta. Hal tersebut diungkapkan dokter sekaligus presenter ini, berdasarkan pengalaman pribadi ketika mencari kamar perawatan untuk adiknya.

"Kebetulan adik saya kena Covid-19. Untuk mencari rumah sakit itu susahnya setengah mati," ujar Lula Kamal yang menjadi host dalam talkshow Pandemi Belum Berakhir: Patuhi Protokol Kesehatan!, Jumat (4/12/2020).

Lula yang aktif menjadi host dalam diskusi mengenai Covid-19 dalam beberapa bulan terakhir mengatakan bed occupancy rate (BOR) alias rasio keterisian rumah sakit telah mencapai 90%. "Dalam gejala berat pun, kita gak dapat rumah sakit," ujar Lula Kamal.


Dalam kesempatan yang sama Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto, mengatakan BOR di Bogor saat ini mencapai rekor tertinggi yakni 83%, dari bisanya bisa di bawah 60%. Untuk itu Pemkot Bogor akan menyiapkan sebiah Rumah Sakit Darurat untuk pasien bergejala dan sebuah hotel untuk isolasi orang tanpa gejala.

Bima juga mengatakan Kota Bogor akan memperkuat kerja sama dengan Kabupaten Bogor dan Jakarta untuk mengatasi lonjakan pasien ke rumah sakit.

"Banyak pasien dari Kabupaten Bogor dan Jakarta yang masuk Kota Bogor, ini yang kita benahi sistem rujukannya. Kita punya aplikasi jadi kita tahu mana yang masih kosong dengan cepat. Kalau di kabupaten masih ada yang kosong kita bisa geser-geser," ujar Bima Arya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading