Mi Telur Hingga Tempat Tidur Sapi, Jokowi Rilis Ekspor Rp23 T

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
04 December 2020 15:52
8 jurus RI menghadapi ancaman perang dagang ini

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melepas ekspor produk Indonesia senilai Rp 23,75 triliun ke pasar global. Adapun produk yang diekspor mulai dari mie telor, hingga tempat tidur sapi.

Hal tersebut ditekankan Jokowi saat memberikan pengarahan dalam pelepasan ekspor ke pasar global tahun 2020 secara virtual di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (4/12/2020).



"Saya ingatkan kegiatan pelepasan ekspor seperti ini tidak hanya seremonial tapi jadi momentum berkelanjutan menghasilkan nilai ekspor yang terus meningkat," kata Jokowi.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan sebanyak 133 perusahan terlibat dalam acara pelepasan ekspor produk yang terdiri dari 79 perusahaan non UKM dan 54 perusahaan dalam kategori UKM.

"Ada satu perusahaan yang berhasil pertama kali melakukan ekspor perdana yaitu PT Universal Strategic Alliance dari Mojokerto Jawa Timur, di mana berhasil mengekspor produk cerutu senilai US$ 86.400 atau setara Rp 1,28 miliar ke pasar Jepang," ujarnya.

Adapun berbagai produk yang diekspor antara lain udang tepung, sambungan pipa besi, pasta gigi, emping belinjo, mie telor, tempat tidur sapi, kemiri olahan, rumput laut, hingga minyak jelantah.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading