Kata Jokowi, Ekonomi RI Sudah Lewati Titik Terdalam!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
03 December 2020 12:17
Presiden Joko Widodo dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2020 (Tangkapan Layar Youtube Bank Indonesia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan perekonomian Indonesia telah melewati titik terendahnya. Kini, ekonomi nasional tengah merangkak menuju arah perbaikan.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat memberikan pengarahan dalam Pertemuan Tahunan BI 2020 yang digelar secara virtual, melalui laman You Tube resmi bank sentral, Kamis (3/12/2020).

"Sinyal positif perekonomian sudah jelas, semakin jelas," kata Jokowi.

Jokowi mengemukakan, pada kuartal kedua tahun ini pertumbuhan ekonomi Indonesia sempat terkontraksi -5,32%. Namun pada kuartal ketiga, ekonomi domestik mencatatkan perbaikan dengan tumbuh -3,49%.

"Artinya telah melewati titik terendahnya. Titik balik menuju membaik. Tren positif membaik, dan dengan momentum ini saya yakin kita akan bergerak lagi ke arah positif di triwulan keempat dan seterusnya," katanya.

Optimisme tersebut telah terlihat dari sektor industri pengolahan yang merupakan kontributor terbesar produk domestik bruto (PDB) RI pada Oktober 2020. Begitu pula dengan neraca perdagangan yang surplus US$ 8 miliar pada kuartal III-2020.

"Momentum pertumbuhan yang positif ini tentu harus terus kita jaga. Kita harus tetap hati-hati. Tidak boleh lengah, dan kita harus disiplin menerapkan protokol kesehatan, waspada agar jangan sampai terjadi gelombang yang kedua," jelasnya.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading