Jokowi 'Sentil' Ganjar & Anies Gegara Kasus Corona 'Meledak'

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
30 November 2020 11:02
Infografis: 12 Tol Terbaru Dibangun Jokowi di 2021, Cek Daftarnya!

Jakarta, CNBC Indonesia - PresidenĀ Joko Widodo (Jokowi) menyoroti provinsi Jawa Tengah dan DKI Jakarta yang dianggap mengalami peningkatan kasusĀ Covid-19 secara drastis dalam beberapa hari ini.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat memimpin rapat terbatas dengan topik pembahasan Laporan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Saya ingin ingatkan bahwa ada dua provinsi yang menurut saya perlu perhatian khusus karena peningkatan dalam minggu ini, dalam dua tiga hari ini peningkatannya sangat drastis sekali, yaitu Jawa Tengah dan DKI Jakarta," kata Jokowi, Senin (30/11/2020).

Jokowi meminta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian untuk mengingatkan jajaran kepala daerah agar betul-betul memegang kendali penuh di wilayah masing-masing dalam menangani Covid-19.

"Tugas kepala daerah adalah melindungi keselamatan warganya dan juga sudah saya sampaikan keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi," katanya.



Berdasarkan data yang diterima kepala negara per 29 November, rata-rata kasus aktif meningkat menjadi 13,41%. Meskipun masih lebih baik dari angka dunia, namun ini lebih tinggi dibandingkan rata-rata kasus aktif minggu lalu yang berada di 12,78%.

"Tingkat kesembuhan juga sama. Minggu lalu 84,03%, sekarang 83,44%," katanya.

Sebagai informasi, kasus Covid-19 berkali-kali mencetak rekor selama November 2020. Hal ini sudah sepantasnya menjadi alarm tanda bahaya agar semua stakeholder, baik dari pemerintah sampai masyarakat untuk makin gencar menerapkan protokol kesehatan.

Tercatat sebanyak empat kali Indonesia mencetak rekor pertambahan kasus harian. Catatan tertinggi terjadi pada Minggu (29/11/2020) dengan 6.267 pasien Covid-19 dalam sehari.

Selain itu, juga ada rekor kasus kematian dengan 169 pasien meninggal dalam sehari pada 27 November 2020. Kemarin, kasus kematian juga menyamai rekor tersebut.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading