Kasihan! Tak Ada Bonus Akhir Tahun Buat PNS Singapura

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
27 November 2020 20:30
Singapura. AP/Yong Teck Lim

Jakarta, CNBC Indonesia - Para pegawai negeri atau PNS di Singapura tidak akan mendapatkan bonus akhir tahun. Hal ini diungkapkan oleh Divisi Layanan Umum (PSD) pada Jumat (27/11/2020).

Jika digabungkan dengan komponen variabel tahunan nol tengah tahun (AVC) yang diumumkan awal tahun ini, ini artinya berarti tidak akan ada AVC atau bonus untuk sepanjang tahun.

Namun, pemerintah akan terus membayar tunjangan tahunan non-pensiun selama satu bulan, yang juga dikenal sebagai bonus bulan ke-13, kepada semua pegawai negeri di Singapura.


"Dalam konsultasi erat dengan serikat sektor publik, Pemerintah telah memutuskan bahwa tidak akan ada pembayaran AVC akhir tahun untuk pegawai negeri tahun ini," kata PSD, dikutip dari Channel News Asia (CNA).

Pembayaran sekaligus sebesar S$ 1.200 (Rp 12,6 juta, asumsi Rp 10.572/S$) juga akan dibayarkan kepada pegawai negeri di Kelas III hingga V dalam Skema Dukungan Operasi dan nilai yang setara.

"(Hal ini untuk memberikan) dukungan yang lebih besar bagi pegawai negeri dengan gaji lebih rendah selama periode sulit ini," lanjutnya, menambahkan hal ini sejalan dengan rekomendasi Dewan Pengupahan Nasional (NWC) untuk mengangkat pekerja berupah rendah.

Awal tahun 2020, Kementerian Perdagangan dan Industri semakin mempersempit perkiraan pertumbuhan PDB 2020 menjadi antara -6,5% dan -6,0%.

"Menurut perkiraan awal Kementerian Tenaga Kerja, secara keseluruhan, tingkat pengangguran penduduk dan warga negara meningkat pada kuartal ketiga," kata PSD, seraya menambahkan bahwa pandemi Covid-19 telah meninggalkan dampak signifikan pada ekonomi dan pasar tenaga kerja Singapura.

Tetapi prospek permintaan eksternal Singapura pada 2020 tetap tenang, dikarenakan ekonomi maju dan regional utama diperkirakan akan berkontraksi pada kuartal keempat tahun ini dan berada dalam resesi setahun penuh, tambahnya.

PSD mengatakan pejabat publik telah "melampaui dan melampaui panggilan tugas" dalam perang melawan Covid-19, menambahkan bahwa Pemerintah "sangat menghargai" kerja keras mereka.

"Perang melawan Covid-19 terus berlanjut dan layanan publik akan terus bekerja keras, bergandengan tangan dengan warga dan pemangku kepentingan kami, untuk mengelola pandemi dan konsekuensi ekonominya," pungkasnya.

Wakil Sekretaris Jenderal Kongres Serikat Perdagangan Nasional (NTUC) Cham Hui Fong mengatakan serikat tersebut mendukung keputusan PSD untuk tidak memberikan AVC akhir tahun, mengingat kinerja ekonomi Singapura yang lemah tahun ini.

Ms Cham menambahkan bahwa NTUC menghargai bahwa Pemerintah telah "mengambil isyarat" dari NWC untuk memberikan dukungan keuangan bagi pekerja berupah rendah di layanan publik.

"Ke depan, NTUC dan serikat sektor publik akan terus bekerja sama dengan PSD untuk meningkatkan dan meningkatkan keterampilan pegawai negeri kami, dan bekerja sama dengan instansi Pemerintah untuk mengubah industri yang terkena dampak COVID-19 dan meningkatkan produktivitas pekerja.

"Kami berdiri dalam solidaritas dengan tenaga kerja Singapura dan menyerukan kepada perusahaan sektor swasta untuk terus menjaga pekerjanya di masa-masa sulit ini dan memberikan perhatian khusus kepada pekerja berupah rendah," tambahnya.

Sekretaris Jenderal Gabungan Serikat Pekerja Harian Umum Raman Kathavarayan mengatakan pembayaran satu kali pembayaran sekaligus sebesar S$ 1.200 adalah "dorongan yang sangat dibutuhkan" bagi karyawan berupah rendah di sektor publik.

Raman mengatakan serikat pekerja "sangat berbesar hati dan menghargai" dukungan keuangan Pemerintah untuk pegawai negeri dengan gaji rendah meskipun adanya ketidakpastian ekonomi, serta pandangan suram tentang ekonomi lokal dan dunia.

Sekretaris Jenderal Serikat Pekerja Gabungan Sanjeev Kumar Tiwari juga menyampaikan rasa terima kasih serikat kepada pejabat publik yang telah melampaui panggilan tugas tahun ini.

"Mengingat perkiraan produk domestik bruto masih negatif, serikat pekerja menghargai bahwa tunjangan upah tahunan telah dipertahankan untuk semua pejabat publik dan dukungan keuangan tambahan akan diberikan untuk pejabat publik berupah rendah kami," tambahnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading