Pakar: Banyak Penyakit Musnah Karena Vaksin

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
23 November 2020 18:47
Infografis/ persiapan pemerintah dalam vaksinasi Covid-19 massal

Jakarta, CNBC Indonesia - Vaksin terbukti ampuh untuk memusnahkan penyakit, di antaranya adalah penyakit lampau seperti cacar, campak hingga Pneumonia.

Pakar Imunisasi, dr. Jane Soepardi mengatakan, setelah vaksin ditemukan, masyarakat tidak sadar beberapa penyakit mulai hilang.

"Vaksin itu, lahirnya tidak bersamaan. Pertama vaksin cacar, kemudian Bacillus Calmette-Guérin (BCG). Itu lahirnya satu-satu, tidak bersamaan, dan jaraknya agak panjang," katanya di Jakarta, Senin (23/11/2020).


"Dengan lahirnya vaksin, masyarakat tidak sadar bahwa beberapa penyakit mulai hilang karena ada vaksinnya," imbuhnya.

Campak menjadi salah satu penyakit yang ditakuti. Karena adanya imunisasi campak, kasus untuk penyakit ini hampir tidak ada lagi. Hal ini hingga membuat masyarakat lupa akan penyakit campak.

Namun, jangan lantas meremehkan penyakit yang sudah tidak ada lagi. Hal ini terutama dengan tidak melaksanakan vaksinasi sesuai jadwal.

"Tiba-tiba bisa bilang 'Ah tak perlu imunisasi campak' inilah bahayanya. Masyarakat harus terus diberi tahu terkait ini. Jangan berubah pikiran," katanya.

Sebab, jika hal ini terjadi, memungkinkan penyakit lama bisa kembali. Dia mencontohkan yang saat ini terjadi yaitu penyakit difteri.

Pemerintah merencanakan vaksinasi Covid-19 dimulai 2021 mendatang. Namun, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo meminta masyarakat menjalankan protokol kesehatan secara ketat, sambil menunggu vaksin Covid-19 tersedia. Ini akan menghindarkan masyarakat terinfeksi virus corona Covid-19.

"Vaksin yang terbaik sekarang adalah vaksin patuh kepada protokol kesehatan. #pakaimasker, #jagajarak dari kerumunan dan #cucitangan sesering mungkin dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan cairan disinfektan," pungkas Doni Monardo.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading