KTT G-20

Jadi Panitia KTT G-20, Ini Wejangan Raja Salman kepada Dunia

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
22 November 2020 09:40
Pertemuan Jokowi dan Raja Salman di Riyadh, Arab Saudi, Minggu (14/4/2019). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden) Foto: Pertemuan Jokowi dan Raja Salman di Riyadh, Arab Saudi, Minggu (14/4/2019). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 mengajak semua pimpinan negara anggota G20 agar bersiap menghadapi potensi pandemi lain di masa depan.

Hal ini dia sampaikan dalam pembukaan KTT G20 yang digelar secara virtual. Arab Saudi kali ini yang menjadi 'tuan rumah' KTT yang digelar virtual ini.

Mengutip CNN dan dalam pernyataan resminya, Raja salman menyampaikan, meski pihaknya optimistis dengan kemajuan pengembangan vaksin, alat terapeutik, dan diagnostik untuk Covid-19, namun akses yang terjangkau harus diciptakan. 


"Kita harus bekerja untuk menciptakan kondisi untuk akses yang terjangkau dan setara ke alat-alat ini untuk semua orang," ungkapnya dikutip, Minggu, (22/11/2020).

Lebih lanjut dia mengatakan di waktu yang bersamaan saat mengembangkan vaksin, di masa ke depan harus lebih baik dan bersiap dalam menghadapi pandemi.

"Pada saat yang sama, kita harus bersiap lebih baik untuk setiap pandemi di masa depan."

Para pemimpin dunia hadir dalam KTT G-20 yang diselenggarakan secara virtual pada 21-22 November dengan tuan rumah gelaran ini yakni Arab Saudi.

KTT ini akan fokus pada perlindungan kehidupan dan pemulihan pembangunan dengan mengatasi kerentanan yang muncul selama pandemi dan dengan menetapkan pondasi untuk masa depan yang lebih baik.

Pertemuan ini digelar saat lebih dari 57 juta orang telah terinfeksi dan lebih dari 1,3 juta telah meninggal karena virus corona di seluruh dunia selama pandemi. Para pemimpin global pun berjuang untuk menghasilkan tanggapan yang terkoordinasi.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading