KTT ASEAN

Jokowi Hadiri KTT ke-37 ASEAN, Ini Hasil Pertemuannya

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
13 November 2020 07:50
Presiden Jokowi Hadiri KTT ke-37 ASEAN, Istana Kepresidenan Bogor, 12 November 2020. (Biro Pers Sekretariat Presiden/ Lukas)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-37 ASEAN secara virtual melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (12/11/2020).

Mengutip siaran pers Kementerian Luar Negeri, rangkaian KTT ASEAN yang berjumlah 17 sesi pertemuan ini dihadiri oleh 10 kepala negara atau pemerintahan ASEAN, serta delapan kepala negara/pemerintahan negara mitra ASEAN.

Menteri Luar Negeri RI Retno Lestari Priansari Marsudi dalam keterangan pers virtual melalui akun YouTube Sekretariat Presiden menyampaikan jika Jokowi setidaknya mengikuti 7 kegiatan.


Kegiatan tersebut adalah KTT Pleno ke-37 ASEAN, KTT ke-23 ASEAN dengan RRC, KTT ke-21 ASEAN dengan Republik Korea, KTT ke-23 ASEAN dengan Jepang, KTT ke-17 ASEAN dengan India, ASEAN Comprehensive Recovery Framework, serta launching of the ASEAN regional Reserve of Medical Supplies.

Dalam beberapa pertemuan sebelumnya, saya sudah menyampaikan bahwa ASEAN berusaha untuk merespons sejak awal terjadinya pandemi, baik respon dari sisi kesehatan maupun kerja sama ekonomi," kata Retno.

Dalam KTT ini, kata Retno, semua upaya tersebut membuahkan hasil. Kini sudah tersedia Covid-19 ASEAN Emergency Response Fund sebesar US$ 10 juta dari Jepang, Korea Selatan, China, Singapura, Australia, Inggris, Swiss, dan lainnya.

Kemudian, soal ASEAN Comprehensive Recovery Framework yang berisi strategi untuk mengatasi pandemi dan ASEAN Regional Research of Medical Supplies for Public Health Emergency, di mana negara ASEAN bersama-sama, secara sukarela, menyumbang cadangan pasokan kesehatan dengan standar WHO untuk darurat kesehatan, juga siap dilakukan

"Selain itu disepakati juga ASEAN Travel Corridor Arrangement Framework yang merupakan inisiatif Indonesia untuk mengatur essential business traveler dengan protokol yang ketat untuk mendukung pemulihan ekonomi," lanjut Retno.

Indonesia juga memberikan inisiatif lain yang juga disepakati dalam pertemuan tersebut, yakni Narrative of ASEAN Identity. Ini merupakan narasi mengenai identitas ASEAN yang bertujuan mengokohkan kebanggaan dan jati diri bangsa-bangsa ASEAN. Rangkaian KTT ini juga akan ada penandatanganan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP) oleh 15 negara.

KTT ke-37 ASEAN ini juga menghasilkan 33 dokumen, diantaranya adalah Hanoi Declaration on the ASEAN Community Post 20-25 Vision, ASEAN Comprehensive Recovery Framework, Hanoi Declaration of Strengthening Social Network Toward Cohesive and Responsive ASEAN Community, dan ASEAN Declaration of Digital Tourism.

Ada pula Hanoi Declaration of the Adoption of the Initiative of ASEAN Integration Workplan yang ke-4 untuk tahun 2021-2025. Kemudian ASEAN Declaration of the ASEAN Travel Corridor Arrangement Framework dan Narrative of ASEAN Identity.

Berikut hasil pertemuan secara rinci:

Hal 2>>>

Hasil Pertemuan KTT ASEAN dengan Sejumlah Negara
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading