Jokowi Minta Penerima LPDP Tarik Investor Asing & Pelancong

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
02 November 2020 18:13
Presiden Joko Widodo

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau kepada mahasiswa penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), untuk bisa mengajak masyarakat internasional berinvestasi dan berwisata di Indonesia.

Jokowi menjelaskan, mahasiswa penerima beasiswa LPDP di luar negeri merupakan duta Indonesia. Mahasiswa yang bersekolah di luar negeri, kata Jokowi semestinya bisa menjadi corong informasi tentang Indonesia di mata dunia internasional.

"Saudara adalah wajah Indonesia di masyarakat internasional bagi saudara-saudara yang kuliah di luar negeri, tunjukkan bahwa Indonesia itu damai, dan bersatu, penuh toleransi dan selalu Bhineka Tunggal Ika," ujar Jokowi saat memberikan sambutan di Studium Generale penerima Beasiswa LPDP secara virtual, Senin (2/11/2020).

"Promosikan Indonesia di masyarakat internasional untuk berwisata ke Indonesia, untuk berinvestasi di Indonesia yang membawa kebaikan bagi masa depan Indonesia," kata Jokowi melanjutkan.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga berpesan agar mahasiswa bisa mendapatkan pengetahuan baru yang bermunculan. Sebab, disrupsi teknologi terjadi di seluruh sendi kehidupan manusia saat ini. Seperti otomatisasi, artificial intelligence, dan sebagainya.



"Yang bukan hanya sebagai fenomena teknologi yang pengaruhi landscape ekonomi. Tapi juga mempengaruhi landscape sosial, politik, dan kebudayaan," tuturnya.

Jokowi juga berharap agar mahasiswa penerima LPDP bisa untuk mengasah dan memperkuat karakter di bangku perkuliahan, mengasah kepemimpinan dan mengasah keterampilan manajerial yang akan berguna di masa depan kelak.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama LPDP Rionald Silaban menjelaskan, sampai saat ini, LPDP telah mengelola dana abadi pendidikan sebesar Rp 51,12 triliun.

Diharapkan pada 2025 dana abadi pendidikan bisa mencapai Rp 100 triliun. Berbekal dana sebesar itu diharapkan LPDP dapat mengelola dengan maksimal untuk menjamin ketersedian berbagai macam layanan program pendidikan yang dapat digunakan antar generasi.

"Berjalannya waktu, LPDP berdiri 30 Januari 2012 mulai melakukan pelayanan di 2013. Sampai saat ini kami laporkan bahwa LPDP berhasil memberikan beasiswa kepada 25.326 penerima beasiswa yang tersebar di berbagai negara untuk menempuh studi di berbagai bidang ilmu yang tentunya sangat diperlukan oleh Indonesia. Dan sampai saat ini LPDP telah berhasil meluluskan 11.767 alumni penerima beasiswa," jelas Rionald.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading