Kendaraan Padat, Jasa Marga Lakukan Contra Flow Arah Cikampek

News - Sandi Ferry, CNBC Indonesia
29 October 2020 17:20
Kepadatan kendaraan di ruas tol Jakarta-Cikampek, Jakarta, Kamis, 30 Juli 2020. Pemerintah memprediksi akan adanya lonjakan lalu lintas kendaraan bermotor pada libur Iduladha nanti, karena tidak adanya larangan mudik seperti yang dilakukan pada saat Idulfitri lalu. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan sejumlah antisipasi menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 H. Antisipasi dilakukan mengingat perayaan Hari Raya Idul Adha jatuh pada Jumat (31/7/2020), yang berarti akan ada libur panjang akhir pekan (long weekend). Sementara untuk mengantisipasi lonjakan lalu lintas kendaraan bermotor saat liburan Idul Adha, Kemenhub mempersiapkan personel serta berkoordinasi dengan instansi terkait seperti kepolisian dan Dinas Perhubungan di daerah untuk meningkatkan pengawasan di lapangan, serta dengan para operator transportasi. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Arus kendaraan yang keluar dari arah Jakarta menuju Cikampek masih sangat besar. Demi mengurangi kepadatan di Jalan Tol Jakarta Cikampek (Japek) arah Cikampek, Jasa Marga memperpanjang pemberlakuan rekayasa lalu lintas contra flow mulai dari Km 47 sampai Km 65 sejak pukul 11.30 WIB, hari ini, Kamis (29/10/2020).

"Ini atas diskresi Kepolisian," kata Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Transjawa Tollroad Regional Division Corry Annelia Poundti H, seperti dikutip pada Kamis (29/10/2020).

Dengan diberlakukannya perpanjangan contra flow, maka diharapkan dapat mencairkan kepadatan yang terjadi di pada titik pertemuan dua arus lalu lintas menuju Cikampek, antara kendaraan yang akan melalui jalan tol Jakarta Cikampek Elevated dan Jalan Tol Jakarta Cikampek.


"Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kerumunan atau kepadatan di rest area," sebut Corry.

Antisipasi perlu dilakukan sebab kendaraan yang melintas keluar Jakarta masih cukup tinggi. Sebanyak 336.929 kendaraan meninggalkan Jakarta pada periode dua hari libur cuti bersama dan Maulid Nabi 1442 H pada 28-29 Oktober 2020.

Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari beberapa Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur), GT Cikupa (arah Barat) dan GT Ciawi (arah Selatan). Adapun total volume lalin yang meninggalkan Jakarta ini naik 40,5% jika dibandingkan lalin new normal.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading