Dibantu Prabowo, Ini Deretan Deal Militer Jokowi-Trump

News - dob, CNBC Indonesia
29 October 2020 15:40
Presiden Joko Widodo bertemu Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo (Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, Indonesia dan Amerika Serikat (AS) telah menyepakati kerjasama di bidang militer. Kesepakatan ini diambil saat Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mengunjungi AS.

Hal ini disampaikan Retno saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Menteri Luar Negeri AS Michael Richard Pompeo di Istana Bogor, Kamis (29/10/2020).

"Mengenai kerja sama Pertahanan, Menteri Pertahanan kami telah mengunjungi AS bulan ini dan bertemu dengan berbagai mitra AS, termasuk Menteri Pertahanan AS," ujar Retno.


Menurut Retno, ada banyak kesepakatan di bidang militer yang dilakukan Prabowo dengan Menteri Pertahanan AS. Mulai dari meningkatkan pengadaan alat militer hingga sinergi pelatihan keamanan.

Peretemuan Menteri Pertahanan AS, Dr. Mark T. Esper bertemu dengan Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, di Pentagon, Washington, D.C., Amerika Serikat, (Dok. Kemhan)Foto: Pertemuan Menteri Pertahanan AS, Dr. Mark T. Esper bertemu dengan Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, di Pentagon, Washington, D.C., Amerika Serikat, (Dok. Kemhan)

"Dalam Pertemuan tersebut mereka sepakat untuk meningkatkan kerjasama pertahanan diantaranya dengan memperkuat kemampuan pertahanan dan pengadaan militer untuk mencapai Minimum Essential Force (MEF), pelatihan dan latihan, sharing intelijen, dan kerjasama keamanan maritim di kawasan," jelasnya.

Untuk mencapai tujuan dari kesepakatan ini, Retno menilai akan terus melakukan komunikasi agar kedua kerjasama antar Indonesia dan AS semakin kuat.

"Berkenaan dengan kontak orang-ke-orang, kami sepakat untuk memperdalam saling pengertian antara kedua negara kami," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading