Internasional

Kabar Duka, Big Bos Samsung Lee Kun-hee Tutup Usia

News - sef, CNBC Indonesia
25 October 2020 08:55
lee kun he. (AP/Rajesh Jantilal)

samsung

Jakarta, CNBC Indonesia - Kabar duka datang dari tanah Korea Selatan (Korsel). Bos besarĀ Samsung Electronics Lee Kun-hee meninggal dunia.

Ia meninggal dalam usia 78 tahun, Minggu (25/10/2020). Pernyataan resmi dikeluarkan perusahaan.




Ia meninggal setelah dirawat lama di rumah sakit akibat serangan jantung pada tahun 2014. Ia mengubah Samsung menjadi raksasa teknologi global.

"Dengan sangat sedih kami mengumumkan meninggalnya Kun-hee Lee, Chairman Samsung Electronics," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan dikutip dari AFP.



"Pimpinan Lee meninggal pada 25 Oktober dengan keluarganya, termasuk (di dekat) Wakil Pimpinan Jay Y. Lee (Lee Jae-yong), di sisinya."

"Chairman Lee adalah seorang visioner sejati yang mengubah Samsung menjadi inovator terkemuka dunia dan pembangkit tenaga industri dari bisnis lokal."

"Warisannya akan abadi."

Samsung adalah konglomerasi terbesar yang dikendalikan keluarga atau biasa disebut 'chaebol' di Korsel. Omset keseluruhan perusahaan setara dengan seperlima dari produk domestik bruto (PDB) negara, menjadikannya penting bagi kesehatan ekonomi Korsel.

Putranya, telah memimpin perusahaan sejak serangan jantung tahun 2014. Namun Lee dipenjara selama lima tahun pada 2017 setelah dinyatakan bersalah atas penyuapan dan pelanggaran lain yang terkait dengan mantan presiden Park Geun-hye.

Ia kemudian dibebaskan dari tuduhan paling serius dalam banding dan dibebaskan setahun kemudian.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading