Belajar Dari Malaka dalam Membendung Covid-19

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
18 October 2020 15:09
Medical workers celebrate as the last three patients are released from a field hospital at the National Stadium Mane Garrincha, after recuperating from COVID-19, in Brasilia, Brazil, Thursday, Oct. 15, 2020. (AP Photo/Eraldo Peres)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kabupaten Malaka Nusa Tenggara Timur (NTT) berhasil menekan penyebaran virus corona (Covid-19) dengan menjalankan protokol kesehatan Covid-19 berpedoman pada aturan Pemerintah RI di segala bidang dan kedisiplinan.

"Apa yang telah dijalankan oleh seluruh umat dan masyarakat kabupaten malaka, sungguh-sungguh membuat masyarakat ini harus menjalankan tugas dengan cara #pakaimasker, #cucitangan dan mengukur suhu tubuh," ujar Romo Deken Malaka keuskupan Atambua, Edmundus Sako secara virtual di Jakarta, belum lama ini

Pihak gereja mengucapkan terima kasih kepada pemerintah atas bantuan yang diberikan, di tengah kondisi perekonomian yang lemah seperti saat ini. Pihak gereja juga bersyukur karena dengan bantuan tersebut, sehingga bisa mengurangi ekonomi yang tersendat.


"Bersyukur kepada pemerintah pihak terkait selalu memberikan perhatian agar ekonomi yang ada berjalan dengan lancar dan baik terutama di pasar tradisional, maupun pasar di kota mereka selalu membawa hasil untuk memperoleh ekonomi yang baik dan benar," katanya.

Selanjutnya, Kepala BPBD Kabupaten Malaka, NTT, Gabriel Seran juga mengatakan terkait dengan penangan Covid-19 ini. Di mana saat setelah ditetapkannya covid-19 sebagai pandemi dan bencana nasional maka pemerintah kabupaten Malaka menetapkan pandemi sebagai bencana non alam yang dikategorikan sebagai tanggap darurat.

"Terhitung sejak itu diminta membentuk tim gugus tugas di kabupaten Malaka melibatkan seluruh instansi terkait yaitu agama TNI dan Polri," katanya.

Selanjutnya, dia menyebut selaku Kepala badan penanggulangan bencana atas segala upaya penanggulangan bencana, maka sesuai arahan Pemerintah daerah akan melakukan pembentukan Satgas.

"Pembentukan melibatkan instansi terkait. Kapolres, Kodim tokoh agama, tokoh agama di seluruh Malaka," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading