Retno Beberkan Investor Inggris yang Siap Bawa Uang ke RI

News - Thea F, CNBC Indonesia
14 October 2020 20:37
Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi bertemu Menlu Inggris, Dominic Raab (Dok Kedutaan Inggris di Jakarta)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Indonesia melalui Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri BUMN Erick Thohir melakukan kunjungan ke Inggris. Retno bercerita, telah diadakan pertemuan bilateral Indonesia dengan Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab.

"Ini merupakan pertemuan in person pertama setelah kita bertemu secara virtual dalam pertemuan luar negeri ASEAN dengan Menteri Luar Negeri Inggris pada September 2020 lalu," paparnya, Rabu (14/10/2020).

Inggris merupakan mitra strategis Indonesia sejak tahun 2012, dan Inggris merupakan mitra dagang keempat terbesar di Indonesia dari Eropa. Serta, menurut Retno, Inggris juga merupakan peringkat pertama perdagangan kayu.

Inggris merupakan mitra investasi kedua terbesar dari Eropa. Retno mengatakan adanya kerja sama investasi antara perusahaan di Inggris untuk masuk ke Indonesia. Antara lain di bidang renewable energy.

"Saya menyambut baik minat kuat dari beberapa investor Inggris di bidang renewable energy, misalnya Aggreko yang merencanakan operasinya di Indonesia dari suplai gas dan diesel ke suplai solar."

"Kemudian Optical Marine Houver yang merencanakan membangun title turbin yang akan memproduksi energi 10 megawatt di wilayah Timur Indonesia, dan Nova Innovation yang rencana membangun off-grid title."

Selain itu Retno juga mengatakan Inggris telah sepakat memasok vaksin sebanyak 100 juta dosis. Vaksin ini merupakan vaksin covid-19 yang dikembangkan AstraZeneca.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading