Dubes RI di Jepang: PM Suga akan ke RI Temui Presiden Jokowi

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
14 October 2020 14:07
Japan's new Prime Minister Yoshihide Suga speaks during a press conference at the prime minister's official residence Wednesday, Sept. 16, 2020 in Tokyo, Japan.  Suga, who was elected on Wednesday after gaining support for his pledges to pursue his predecessor Shinzo Abe's policies formed his 20-member Cabinet that retains many familiar faces, signaling continuation of Abe's line. (Carl Court/Pool Photo via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga akan berkunjung ke tanah air untuk menemui Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi). Hal itu disampaikan Duta Besar Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi dalam acara peluncuran Economic Dashboard: Japan-Indonesia Partnership Lounge yang berlangsung secara virtual, Rabu (14/10/2020).

Menurut dia, pandemi Covid-19 telah berdampak kepada perekonomian Jepang. Oleh karena itu, Indonesia perlu melakukan review strategi dan membuka ruang komunikasi untuk peluang yang baru, bukan hanya di perdagangan maupun investasi.

"Ada rencana dekat, PM Suga akan berkunjung ke Indonesia dalam waktu dekat untuk bertemu Presiden Jokowi. Ini momentum bagi kita semuanya untuk kembali mempererat kerja sama di berbagai sektor di Indonesia dan Jepang," kata Heri tanpa menyebut waktu kunjungan Suga ke Indonesia.

Lebih lanjut, Heri mengungkapkan peluncuran Economic Dashboard: Japan-Indonesia Partnership Lounge diharapkan dapat menyediakan informasi data ekonomi yang terintegrasi hingga akurat. Setelah itu, formulasi kebijakan data yang terukur dan sebagai pusat informasi bagi calon investor dan badan usaha di Jepang diharapkan dapat terwujud.

Kemarin Suga berbincang bersama Jokowi melalui telewicara. Keduanya membahas kerja sama antar negara. Dalam telewicara yang berlangsung selama 10 menit tersebut, Suga menyampaikan niatnya untuk membangun hubungan yang istimewa dengan Jokowi, serta mempererat kemitraan strategis dengan Indonesia.



Mengutip keterangan resmi Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia, niat tersebut dilandasi karena Jepang menganggap Indonesia memiliki nilai dasar yang sama dan memiliki hubungan historits di berbagai bidang.

Menanggapi hal tersebut, Jokowi kemudian menyampaikan selamat atas terpilihnya Suga sebagai PM Jepang, serta mengatakan keinginan Indonesia untuk meningkatkan hubungan dengan Jepang yang dianggap sebagai mitra penting.

Dalam perbincangan tersebut, Suga mengatakan bahwa Jepang akan tetap mempromosikan "Free and Open Indo-Pacific (FOIP)" dan mendukung penuh "ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP)" yang dipromosikan Indonesia.

Selain itu, Suga juga menyampaikan keinginannya untuk memperdalam kerja sama di berbagai bidang termasuk pembangunan infrastruktur, pembinaan sumber daya manusia, keamanan maritim antara Jepang dan Indonesia.

Keinginan pimpinan Negeri Sakura pun mendapatkan respon positif dari Jokowi. Kepala negara lantas menyampaikan niatnya untuk bekerja sama dengan Jepang secara erat guna menanggapi berbagai tantangan di kawasan. Kedua pemimpin negara memastikan kerja sama menjelang KTT ASEAN.

Terahir, Suga sempat menyampaikan harapannya agar pemerintah Indonesia mendukung penyelesaian masalah Korea Utara termasuk isu penculikan warga negara Jepang oleh negara tersebut.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading