Belum Optimal, Satgas Angkat Bicara Soal Test Covid-19 di RI

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
07 October 2020 17:52
Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito saat memberi keterangan Pers terkait Perkembangan Penanganan Covid-19. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Juru Bicara sekaligus Ketua Tim Pakar Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito angkat bicara terkait dengan jumlah tes Covid-19 di Indonesia yang dinilai masih jauh di bawah standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dia mencatat hingga pekan ini angka tes nasional secara presentasi mencapai 70,13% dari rekomendasi WHO atau tercatat 11.948 tes per 1 juta penduduk. Angka ini menurutnya di bawah angka tes di Filipina dan juga India.

"Namun, angka ini tak bisa disamakan mengingat tantangan yang berbeda-beda. Pertimbangkan populasi di Filipina, itu lebih rendah dari Indonesia. India, bukan nusantara, kondisi geografisnya antara lain harus diperhatikan," katanya saat konferensi dengan media secara virtual di Jakarta, Rabu (7/10/2020).


Dia mengatakan, apalagi provinsi seperti Sumatera Barat dan DKI Jakarta yang memiliki rekomendasi lebih banyak lagi dari WHO. Adapun hingga saat ini, lebih dari 300 laboratorium tersedia di Indonesia. 200 diantaranya PCR, kemudian TCM dan sisanya menyediakan kedua layanan tersebut.

"Pengujian, merupakan metode yang direkomendasikan oleh WHO untuk memberikan gambaran yang lebih luas tentang luasnya kasus COVID-19 di Indonesia, yang juga harus menjadi penelusuran, pengobatan sebagai perawatan lanjutan," katanya lagi.

Sementara itu, dia menyinggung soal 3T yaitu Testing, Tracing dan Treatment yang menurutnya bukan menjadi satu-satunya cara mengakhiri pandemi. Alasannya, apabila 3T tidak didukung oleh kesadaran penuh masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan.

"3T dan protokol kesehatan memiliki prioritas yang sama dan perlu dijalankan secara bersamaan," pungkasnya.

Protokol kesehatan yang dimaksud oleh Wiku adalah #pakaimasker, #jagarak, dan #cucitanganpakaisabun.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading